Zona Berita

Pangdam Jamin Keselamatan OPM

John Manangsang: Harus Ada Pra Dialog Sebelum Dialog Nasional Jakarta-Papua

JAYAPURA—Zona Damai : Berkaitan pra dialog menuju dialog nasional Jakarta—Papua antara lain mengundang perwakilan TPN/OPM terutama mereka yang tengah melakukan gerilya dihutan belantara tanah Papua, ternyata mendapat jaminan keamanan dan keselamatan dari pihak TNI/Polri.

Demikian Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen .(Inf) Erfi Triassunu yang disampaikan Dandim 1701/Jayapura Letkol (Inf) Rano Tilaar ketika bersama Penyambung Lida TPN/OPM dr.John Manangsang serta Ketua Aliansi Jurnalisme Independen (AJI) Kota Jayapura Viktor Mambor saat menyampaikan keterangan pers terkait jaminan keselamatan bagi TPN/OPM saat diundang menghadiri Dialog Jakarta-Papua di Studio Top TV, Jayapura, Minggu (20/11).

Menurut Pangdam, berbicara tentang keamanan seharusnya yang lebih berkompetensi dalam hal ini adalah pihak Kepolisian. Namun demikian apabila kegiatan pra dialog Jakarta–Papua bagi komponen yang akan hadir membutuhkan suatu keamanan atau keselamatan jiwa mereka selayaknya pihak yang mengundang juga memberikan jaminan keamaman dan keselamatan jiwa mereka. Dia menegaskan, apabila TPN/OPM sebagai salah satu komponen yang akan hadir dalam Dialog Jakarta—Papua bila tak bersenjata atau bukan sebagai DPO dari pihak Polri, tentu bukan suatu halangan bagi mereka untuk hadir dalam kesempatan tersebut.Tapi bila perwakilan TPN/OPM adalah DPO, maka sebaiknya dikomunikasikan dengan pihak Polri.

Namun demikian, kata dia, bila adanya suatu keinginan yang luhur yaitu semua pihak ingin mencari solusi penyelesaian masalah Papua yang diharapkan melalui Dialog Jakarta—Papua, maka pihaknya mendukung dan memberikan jaminan keamanan dan keselamatan bagi TPN/OPM yang akan hadir saat Dialog Jakarta—Papua.

Tentang kegiatan tersebut,kata dia, pihaknya atas petunjuk dari Panglima dan dalam kapasitasnya sebagai Dandim bukan saja akan menjamin keamanan dan keselamatan. “Tapi kami juga sudah melakukan kegiatan kegiatan serupa di wilayah kami, yakni kami bisa duduk dan berdialog bersama sama untuk mencari permufakatan yang baik untuk kehidupan yang lebih harmonis dan dinamis penuh damai di masa mendatang,” urainya serius.

John Manangsang, terkait rencana Pra Dialog Papua pihaknya melihat bahwa tak harus langsung menggelar Dialog Papua—Jakarta. Pasalnya, terlihat kepentingan politik baik pribadi maupun kelompok terlalu tinggi dan tak menggambarkan kepentingan atau suara rakyat Papua yang sesunggguhnya.
“Saya mendukung gagasan Dialog Papua sebelum Pra Dialog Jakarta—Papua,” katanya.

Dia mengatakan, Dialog Papua tentang nasib Papua kedepan seperti apa sepantasnya harus disuarakan oleh orang orang Papua sendiri dan semua pihak di Papua yang selama ini menyuarakan keadilan dan kesejahteraan baik kelompok yang sangat ekstrim maupun kelompok yang hidup dalam Otonomi Khusus(Otsus).

“Kehadiran semua komponen ini akan memberikan gambaran yang lebih komprehensif terhadap keinginan rakyat Papua,” tegasnya. [ Bintang Papua ]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s