Zona Humaniora

Kesehatan Ibu dan Anak Tentukan Perdamaian

NUSA DUA-Zona Damai: Sekjen Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Ban Ki-moon mengimbau pemerintah dan pengusaha di negara-negara ASEAN bersama-sama berinvestasi di bidang kesehatan ibu dan anak.

Menurutnya, masa depan bangsa dan perdamaian turut ditentukan oleh mutu kesehatan mereka.

“Sangat penting bagi pemerintah dan pengusaha di kawasan ini untuk berinvestasi dalam komunitas, termasuk kesehatan ibu dan anak, karena kalau ibu dan anak sehat, masyarakat, bangsa, dan dunia juga sehat,” katanya di sela-sela KTT ke-19 ASEAN dan KTT terkait di Nusa Dua, Bali, Sabtu (19/11).

Sekjen PBB mengatakan, berinvestasi di bidang kesehatan ibu dan anak bahkan menjadi fondasi bagi apa saja, termasuk perdamaian dan keamanan, pembangunan, dan perlindungan hak azasi manusia. “Tanpa kesehatan, Anda tidak bisa melakukan apapun,” kata orang nomor satu PBB menggantikan Kofi Annan sejak 2007 itu.

Ban Ki-moon mengatakan, upaya bersama pemerintah dan pengusaha memperbaiki mutu kesehatan ibu dan anak itu antara lain bisa difokuskan pada penyediaan nutrisi yang baik bagi ibu hamil dalam 100 hari pertama masa kehamilan hingga melahirkan yang kedua kalinya.

“Ini akan sangat menentukan kondisi kesehatan ibu sepanjang hidupnya. Ini yang disebut dengan siklus nutrisi yang turut menentukan kesehatan anak yang dilahirkan,” kata mantan Menlu Korea Selatan kelahiran Eumseong, desa pertanian kecil di Chungcheong Utara, 13 Juni 1944 itu.

Karenanya, ujar Ban Ki-moon, program kunjungannya ke sejumlah negara di Asia, termasuk
Indonesia, dalam beberapa hari terakhir ini juga menekankan pada masalah kesehatan anak dan ibu melahirkan. [ Antara ]

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s