Zona Berita

Uni Eropa Berkunjung ke KIP Aceh

BANDA ACEH-Zona Damai : Ketua Komisi Independen Pemilihan Aceh Abdul Salam Poroh, menerima kunjungan empat anggota tim Uni Eropa yang berkunjung ke Aceh, Rabu (16/11) pagi. Pertemuan itu membicarakan perkembangan proses pilkada.

Tim Uni Eropa berkunjung ke Aceh sejak Selasa (15/11) kemarin. Sebelum bertemu Ketua KIP Aceh Abdul Salam Poroh, mereka mengadakan serangkaian pertemuan tertutup dengan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf, Ketua DPRA Hasbi Abdullah dan anggota DPRA.

Dalam kunjungan ke KIP Aceh, delegasi Uni Eropa dipimpin Penasehat Politik di Jakarta Charles Whitely. Sementara Ketua KIP didampingi Sekretaris Djasmi Has.

Dalam pertemuan sekitar satu jam itu, delegasi Uni Eropa bertanya banyak hal mengenai pilkada, mulai dari persiapan, masalah hukum, dan jadwal pemilihan. Termasuk soal intimidasi yang dihadapi para komisioner KIP Aceh.

Usai bertemua Ketua KIP, empat delegasi Uni Eropa mengunjungi Media Center KIP. Seperti diketahui, pada Pilkada 2006 lalu, Uni Eropa mendanai pendirian Media Center itu. Di sini, Charles Whitely mendapat penjelasan dari Koordinator Media Center Ahmady.

Charles Whitely kepada wartawan mengatakan, kedatangannya ke KIP Aceh hanya untuk mengetahui perkembangan terakhir pelaksanaan pemilihan. Mereka mendapatkan banyak informasi terbaru soal pemilihan dari Ketua KIP Abdul Salam Poroh.

“Kami diberi tahu bahwa pemilihan akan berlangsung pada 16 Februari 2012. Dan KIP juga menjelaskan mengenai legalitas pemilihan dan persiapan-persiapan pilkada yang telah dilakukan KIP,” kata Whitely.

Charles Whitely juga menyebutkan bahwa KIP telah bekerja keras untuk memastikan bahwa pemilihan kepala daerah akan berlangsung seperti jadwal yang telah ditetapkan.

“Kami juga mendapat penjelasan bahwa KIP tengah menunggu putusan penting dari Mahkamah Konstitusi pada 18 November nanti. Dan putusan ini akan menjadi keputusan yang sangat penting untuk memastikan pelaksanaan pilkada ke depan,” ujarnya.

Selain itu, Whitely juga menyebutkan bahwa kedatangan mereka ke Aceh untuk melihat bagaimana masyarakat Aceh terlibat dalam pemilihan pemimpin mereka pada masa perdamaian ini. “Uni Eropa hanya menginginkan agar pemilihan bisa berlangsung damai dan sesuai dengan ketentuan hukum,” kata Whitely.

Sementara itu, Ketua KIP Aceh Abdul Salam Poroh menyebutkan bahwa pertemuan yang berlangsung secara santai itu membicarakan sejumlah hal. Uni Eropa bertanya tentang kesiapan KIP dalam melaksanakan persiapan dan tahapan Pemilukada.

“Mereka ingin melihat bagaimana kesiapan KIP dalam mempersiapkan Pemilukada ini. Kami juga menjelaskan bahwa telah terjadi tiga kali perubahan jadwal pemilihan, termasuk perubahan terakhir setelah adanya putusan Mahkamah Konstitusi,” kata Abdul Salam Poroh.

Menurut Abdul Salam Poroh, Uni Eropa berharap agar pemilihan yang dijadwalkan pada 16 Februari 2012 bisa berlangsung dalam suasana aman, damai, dan lancar tanpa adanya intimidasi dari kelompok manapun.

“Mereka juga bertanya apakah saya mendapatkan intimidasi. Saya bilang, belum pernah ada intimidasi,” kata Poroh.
[ Atjeh Post ]

Categories: Zona Berita

Tagged as: , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s