Zona Berita

Peringatan Meninggalnya Theys Eluay Sepi

Makam alm.Theys Hiyo Eluay di Sentani,Papua

SENTANI-Zona Damai : Peringatan sepuluh tahun meninggalnya Ketua Presidium Dewan Papua (PDP) Theys Hiyo Eluay di Taman Peringatan Kemerdekaan dan Pelanggaran HAM Papua, Sentani, Jumat, sepi.

Padahal, sejak pagi hingga siang hari, puluhan aparat kepolisian sudah bersiap siaga untuk mengantisipasi peringatan meninggalnya salah seorang tokoh Papua itu.

Beberapa warga tampak berjalan kaki menuju lokasi makam Theys di Taman Peringatan Kemerdekaan dan Pelanggaran HAM di Sentani, namun tidak ada kumpulan massa di lokasi itu.

Almarhum Theys Hiyo Eluay juga seorang Ondofolo (pemimpin adat), pernah menjadi anggota DPRD Irian Jaya (Papua), serta sebagai Ketua Presidium Dewan Papua (PDP) yang saat itu getol menyuarakan aspirasi Papua Merdeka.

Sejak Theys dibunuh, makamnya dijadikan pusat kegiatan peringatan dan sekaligus tempat masyarakat Papua mengutuk para penculik yang menyebabkan tokoh Papua itu tewas.

Ketika Theys dimakamkan ratusan kembang-kembang kertas dari berbagai organisasi di Papua yang bertuliskan dukacita membekas di pusara.

Masyarakat Papua sudah mengikhlaskan lapangan sepak bola Sentani sebagai tempat peristirahatan tokoh Papua itu sekaligus dijadikan “Taman Peringatan Kemerdekaan dan Pelanggaran HAM Papua”.

Mantan Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur meminta pemerintah menjadikan almarhum Theys Hiyo Eluay sebagai pahlawan nasional. Alasannya, Theys tak hanya dikenal warga Papua, tapi juga masyarakat nasional maupun internasional. “Saya tidak akan berhenti berjuang sebelum Theys dinyatakan sebagai pahlawan nasional karena sudah selayaknya penghargaan itu diberikan untuknya,” kata Gus Dur kala itu. [ Papua Pos ]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s