Zona Politik

Beri Papua Segalanya Asal Jangan Merdeka

JAKARTA-Zona Damai : Pemerintah diminta untuk memberikan segalanya kepada masyarakat Papua. Namun satu hal yang tidak boleh diberikan ke Papua adalah permintaan untuk merdeka.

“Kecuali Papua Merdeka,” kata Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) MPR RI, Lukman Edy, Sabtu (12/11). Menurutnya, pemerintah jangan mendikte masyarakat Papua. Hal itu agar kondisi di Papua tidak bertambah parah.

Sekalipun harus memindahkan ibukota republik ke Papua, Lukman tidak mempermasalahkannya. Apalagi jika hanya renegosiasi Freeport dan nasionalisasi tambang emas untuk kemudian diserahkan kewenangannya kepada pemda Papua untuk mengelolanya.

“Ataupun tuntutan apapun yang bermuara lebih cepat menumbuhkan kemajuan ekonomi Rakyat Papua dan mensejahterakan Rakyat Papua, sewajarnya diberikan,” kata Lukman.

Bekas Menteri Percepatan Pembangunan Daerah itu juga mengingatkan, Papua sudah banyak menyumbangkan kekayaannya untuk Republik ini. Bahkan, anak-anak muda Papua, sekarang menjadi pahlawan bangsa membela Indonesia di dunia sepakbola. Sebut saja Oktovianus Maniani, Titus Bonai dan Patrick Wanggai yang menjadi kebanggaan nasional.

Dia juga menilai, penyelesaian soal Aceh, adalah penyelesaian terbaik yang pernah dilakukan oleh pemerintah Indonesia, sedangkan penyelesaian Timor Timur adalah contoh gagalnya pemerintah Indonesia mempertahankan keutuhan NKRI. “Lakukan pendekatan seperti itu lagi terhadap Papua, bahkan keinginan rakyat Aceh untuk menggunakan syariat Islam sebagai hukum formal disanapun kita berikan,” ujar Lukman. [ JPNN.com ]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s