Zona Berita

Pemekaran Papua Tengah Kian Menguat

BIAK-Zona Damai : Kerinduan masyarakat Papua yang berada di wilayah bagian tengah pulau Papua untuk memekarkan wilayahnya menjadi sebuah provinsi kian menguat. Hal itu dengan dideklarasikan pemerintah Provinsi Papua Tengah pada 11 Oktober lalu di Jakarta.

Masyarakat menanti hasil perjuangan untuk pengaktifan provinsi Papua Tengah yang telah diterima DPR RI sebagai hak inisiatif DPR RI. Dan saat ini telah dituangkan dalam Rencana Undang-Undang (RUU) pebentukan Provinsi Papua Tengah.
“Papua Tengah tinggal menunggu penetapan melalui sidang Paripurna DPR RI periode 2009-2014,” kata Koordinator Para Bupati/DPRD di Wilayah Papua Tengah yang membawahi 11 kabupaten, Drs. Anselmus Petrus Youw,M.Si kepada Bintang Papua, Minggu (6/11). Kata AP Youw, masyarakat jangan terprovokasi dengan berbagai isu yang negatif terhadap perjuangan yang saat ini telah jadi sebuah kesepakatan para pejuang untuk diaktifkan kembali Provinsi Papua Tengah.

Lebih lanjut dikatakan, perjuangan untuk pengaktifan provinsi merupakan satu tujuan utama. Artinya tidak ada lagi pejuang dari Timika, Biak, Serui maupun Nabire. Tetapi kesatuan Papua Tengahlah yang diutamakan. “Kini kami semua sudah bersatu dan sudah dideklarasikan,” kata AP Youw.

Dijelaskan hasil perjuangan saat ini, usulan pengaktifan provinsi Papua Tengah telah diterima DPR RI sebagai hak inisiatif DPR RI. Dan saat ini telah dituangkan dalam Rencana Undang-Undang (RUU) pebentukan Provinsi Papua Tengah. Terkait deklarasi tersebut, kata Youw sangat disetujui DPR RI.

“Kami optimis 2013 provinsi Papua Tengah sudah diaktifkan, sehingga tema perjuangan kami adalah satu untuk tiga, tiga untuk satu. Artinya Satu Papua untuk Tiga Provinsi dan Tiga Provinsi untuk Satu Otonomi Khusus,” ujarnya.

Para pejuang Papua Tengah dalam deklarasinya, meminta pemerintah pusat segera menetapkan hak inisiatif DPR RI yang dituangkan dalam RUU pembentukan Provinsi Papua Tengah. Sekaligus mengangkat Pejabat Gubernur Provinsi Papua Tengah dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan Pilkada Gubernur Provinsi Papua Tengah yang definitif sesuai ketentuan yang berlaku.

Sebagai salah satu pejuang, ia tegaskan kembali bahwa Provinsi Papua Tengah yang terbentuk lewat UU No 45/1999 harus segera diaktifkan sehingga dapat menjawab aspirasi masyarakat yang menginginkan peningkatan kesejahteraan serta mendekatkan jangkauan pelayanan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

Deklarasi yang dimaksudkan telah ditandatangani oleh Koordinator Para Bupati, DPRD Wilayah Papua Tengah, Drs Anselmus Petrus Youw,M.Si, Penanggungjawab Tim 502 Kebangkitan Provinsi Papua Tengah Laksma TNI (Purn) D.H. Wabiser, Deklarator Provinsi Papua Tengah Timika Andreas Anggaibak, Pengurus DPP Partai Demokrat Mandat Provinsi Teluk Cenderawasih Inisiator Pemersatu Para Pejuang Willem Frans Ansanay,SH, Deklarator Provinsi Teluk Cenderawasih Drs Philips Wona serta Ketua Umum Tim 502 Kebangkitan Provinsi Papua Tengah Alof ST Rumayomi. [ Bintang Papua ]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s