Zona Berita

Evaluasi Kinerja Kapolda Papua

TIMIKA-Zona Damai : Komisi Nasional Hak Asasi Manusia meminta agar Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jenderal Timur Pradopo, untuk mengevaluasi kinerja Kepala Kepolisian Daerah Papua Inspektur Jenderal BL Tobing dan Kepala Kepolisian Resor Mimika Ajun Komisaris Besar Deny Siregar.

“Evaluasi oleh Kapolri harus segera dilakukan, setelah melihat cara-cara mereka dalam menangani masalah yang ada antara pekerja PT Freeport dan pihak manajemen,” kata Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Ridha Saleh, yang dihubungi dari Timika, Jumat (4/11/2011).

Tindakan Kapolda Papua yang menekan karyawan untuk membubarkan penutupan akses ke areal PT Freeport pada Jumat pagi, dinilainya telah melecehkan upaya warga yang sedang memperjuangkan haknya. Tindakan yang mengintimidasi karyawan itu seharusnya tidak dilakukan oleh pemimpin, apalagi aparat penegak hukum yang tugasnya seharusnya melindungi masyarakat .

Sebelum tindakan Kapolda, tepatnya pada hari Minggu (30/10/2011), Kapolres Mimika mengeluarkan surat desakan agar karyawan membubarkan blokade yang mereka lakukan. Jika hal itu tidak segera dilakukan, kepolisian akan bertindak tegas.

“Komnas HAM sudah mendiskusikan masalah ini dan sesegera mungkin mengirimkan surat kepada Kapolri, agar mengevaluasi kinerja Kapolda dan Kapolres,” tambahnya. [ KOMPAS.com ]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s