Zona Editorial

Rakyat Nantikan Political Will SBY Selesaikan Papua

JAKARTA-Zona Damai : Pengamat politik CSIS, J. Kristiadi meminta pemerintah untuk tidak menjadikan unit percepatan pembangunan Papua sebagai upaya pencitraan semata.

Sebaliknya, rencana tersebut harus dilakukan secara serius oleh pemerintah yang sedang berjalan ini.

“Pak SBY jangan main-main lagi, ini pertaruhannya sangat besar. Kalau negara sudah menghasilkan otonomi khusus yang sangat baik and you buat unit kaya gini untuk pencitraan tidak ada gunanya,” ujar Kristiadi usai mengikuti rapat di Kementrian Pertahanan Jakarta, Kamis (3/11/2011).

Meski diselimuti keraguan, Kristiadi mengaku tetap berfikir positif dan mendorong pemerintah agar betul-betul jujur dengan niat baik menyelesaikan persoalan di Papua.

Sedangkan mengenai peraturan-peraturan pemerintah yang jumlahnya sekira 11 hingga 12, juga harus segera dibuat.

Dengan demikian, itu dapat dijadikan instrumen agar dana otonomi khusus Papua yang sudah disediakan pemerintah begitu besar bisa di implementasikan.

Diketahui, dana APBD disana untuk otsus Rp 1 – Rp4 triliun. APBD bisa mencapai Rp 15 triliun, untuk tiga juta orang Papua.

Tapi karena implementasinya kurang dilakukan dengan benar, dana otsus untuk pendidikan dan kesehatan tidak pernah kelihatan di APBD Papua. Tentu ini menjadi pertanyaan.

“Pertanyaannya, apakah dana itu betul-betul untuk itu (pendidikan dan kesehatan) atau untuk yang lain, tidak ada satupun yang tahu,” paparnya.

Meski begitu, dari kompleksnya persoalan di Papua, kata Kristiadi, yang terpenting adalah adanya political will pemerintah untuk menyelesaikan kasus ini.

“Sekarang kembali ke political will, apakah betul pemerintahan SBY ada niat sungguh-sungguh mensejahterakan masyarakat Papua, atau tidak,” tanya J.Kristiadi. [ okezone.com ]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s