Zona Berita

Inilah 5 Tersangka Kasus Kongres Rakyat Papua

JAKARTA–Zona Damai : Pekan lalu polisi sudah menentukan lima tersangka yang menggelar Kongres Rakyat Papua III. Mereka dinilai telah melakukan makar dan menyatakan ingin mendirikan negara sendiri.

Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Pol Saud Usman Nasution menyebutkan kelima nama tersebut diantaranya FY selaku Ketua Dewan Adat Papua sekaligus presiden pemerintahan transisi. Saat kongres FY juga yang membacakan deklarasi Papua merdeka dihadapan para anggota kongres.

“Yang kedua, EGW dia sebagai presiden eksekutif organisasi di otorita dan juga dia sebagai perdana menteri. Kemudian saudara AMS dia sebagai koordinator logistik. Kemudian DS dan GW. Itulah kelima tersangka yang kita tahan,” papar Saud.

Kata Saud, para tersangka dianacam hukuman 10 tahun penjara sebagaimana diatur dalam pasal 2 ayat 1 Undang-undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951.

Selain itu terkait tindakan-tindakan pelanggaran lainnya yang dilakukan pelaku, sambung Saud, pihaknya akan segera memproses.

“Kita akan proses, misalnya ada laporan-laporan pelanggaran, nanti kan ada wadahnya yang menangani. Kita secara internal melakukan pemeriksaan apakah sesuai ketentuan atau enggak,” tuturnya.

Menurut Saud, seharusnya peristiwa tersebut tidak perlu terjadi jika para anggota kongres tidak melakukan kekerasan terhadap polisi. Penangkapan dilakukan dalam rangka penegakan hukum lantaran kongres tersebut membacakan deklarasi Papua merdeka dimana hal itu masuk dalam kategori makar.

“Mereka juga menggunakan kekerasan, mereka melawan. Sehingga terjadi tindakan-tindakan seperti itu. Sepanjang tidak ada masalah dan lancar, tidak ada masalah. Kan semua lancar pada hari pertama dan kedua, itu hanya pada penutupan saja,” kata Saud.

Saud memastikan akan memproses anggota kepolisian yang terlibat dalam kasus penembakan terhadap tiga anggota kongres.

”Ini akan kita lihat nanti, karena bagaimana pun ini sudah jelas memaksa dan juga ada perlawanan. Kalau memang anggota kita salah, kita akan proses. Tidak ada masalah,” tutupnya [ okezone.com ]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s