Zona Politik

Gerakan Separatis Papua Terpecah Empat Kelompok

JAKARTA-Zona Damai : Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro mengatakan, gerakan separatis yang selama ini mengganggu keamanan di Papua tergolong kecil.

Hanya saja, karena merupakan akumulasi berbagai persoalan, antara senjata, Freeport, ekonomi, semua kumpul jadi satu, sehingga terlihat sebagai sebuah persoalan besar.

“Gerakan separatis yang terjadi di Papua saat ini bukanlah sebuah persoalan yang besar,” ujar Purnomo dalam sambutanya di Aula Bhineka Tunggal Ika Kementrian Pertahanan Jakarta, Kamis (3/11/2011).

Purnomo menjelaskan, struktur organisasi gerakan separatis di Papua cenderung terpisah-pisah, jumlahnya ada sekira tiga hingga empat kelompok.

Sejak tahun 2007 pemerintah telah melakukan pengamatan terhadap kelompok tersebut dan tokoh-tokoh dalam kelompok tersebut tidak saling bersatu.

“Ada kelompok pegunungan, pantai, ada yang dalam negeri. Kelompok ini tidak besar. Struktur separatis ini terpisah-pisah dan tidak jelas” tuturnya.

Kendati bukan sebuah gerakan besar, sambung Purnomo, persoalan gerakan separatis di Papua tetap diprioritaskan karena menyangkut kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). [ okezone.com ]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s