Zona Berita

Keputusan MK Soal Tahapan Pemilukada Aceh, Pendaftaran Calon Dibuka Lagi

Jakarta–Zona Damai : Mahkamah Konstitusi (MK) mengeluarkan putusan sela terhadap gugatan sengketa tahapan Pemilukada Aceh. Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh diperintahkan membuka kembali pendaftaran pasangan calon kepala daerah selama tujuh hari.
Makhamah Konstitusi

“Memerintahkan termohon untuk membuka kembali pendaftaran pasangan calon gubernur-wakil gubernur, bupati-wakil bupati, dan walikota-wakil walikota, untuk memberi kesempatan kepada bakal pasangan calon baru yang belum mendaftar, baik yang diajukan oleh partai politik, gabungan partai politik, maupun perseorangan, sampai dengan tujuh hari sejak putusan sela ini diucapkan,” kata Ketua Majelis Hakim MK Mahfud MD, saat membacakan putusan sela di Jakarta, Rabu (2/11).

MK juga memerintahkan agar KIP menyesuaikan tahapan, program, dan jadwal penyelenggaraan Pemilukada Aceh, sebagai akibat putusan sela ini. Dalam pertimbangannya, majelis menyatakan putusan sela tersebut dilakukan karena KIP telah menetapkannya tahapan, program, dan jadwal penyelenggaraan Pemilukada Aceh yang mengakibatkan adanya ketidakpastian hukum.

Permohonan itu diajukan oleh TA Khalid dan Fadhullah yang meminta MK menghentikan Pemilukada Aceh karena belum ada kepastian hukum yang jelas terhadap pelaksanaan pesta demokrasi itu.
KIP Aceh Siap

Menanggapi keputusan tersebut, KIP Aceh siap melaksanakan perintah MK. “Kami akan melaksanakan perintah MK dan akan membuka kembali jadwal pendaftaran calon kepala daerah di Aceh,” sebut anggota KIP Aceh Zainal Abidin.

Zainal Abidin juga menyebutkan, dengan dibuka kembali jadwal pendaftaran calon kepala daerah yang baru, maka KIP Aceh harus kembali melakukan berbagai kegiatan seperti tes kesehatan dan uji baca Al Quran terhadap calon yang mendaftar baru. “Semua tahapan akan dibuka khusus untuk calon kepala daerah yang akan mendaftar,” kata Zainal Abidin.

Menurut Zainal, pihaknya akan menggelar rapat pleno untuk membahas pendaftaran ulang tersebut, Kamis (3/11) hari ini. “Ini untuk menyesuaikan tahapan baru, setelah penambahan waktu pendaftaran bagi calon lainnya,” katanya.

Terkait jadwal tahapan Pemilukada Aceh yang telah disusun oleh KIP, dipastikan akan bergeser. “Semua tahapan pemilukada yang telah disusun akan berubah termasuk hari pencoblosan,” ujar Zainal.

Setelah tahapan diubah, kata dia, secara otomatis hari pencoblosan tidak lagi pada tanggal 24 Desember 2011. “Bisa saja hari pencoblosan akan dilaksanakan pada bulan Januari atau Februari 2012,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, gugatan dua warga Aceh, TA Khalid dan Fadhullah, ke Mahkamah Konstitusi terhadap keputusan KIP terkait tahapan Pemilukada Aceh mendapat dukungan penuh dari Partai Aceh. Buktinya, dari sekira 100 pendukung pemohon gugatan itu yang menghadiri sidang di gedung MK di Jakarta, Senin (31/10), hampir semuanya asal PA. Mulai dari pucuk pimpinan hingga kader partai mantan kombatan ini. [ Antara ]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s