Zona Tokoh

Edo Kondologit : Apa Papua Harus Merdeka?

JAKARTA–Zona Damai : Edo Kondologit, artis yang juga pemuda asli Papua meminta pemerintah mengubah cara pandang terhadap orang-orang Papua. Orang Papua tidak boleh selalu dicap separatis, bodoh, tukang mabuk, yang pantas diberantas.

“Saya sedih, kok begini, saya orang Indonesia tapi kok diperlakukan seperti bukan orang Indonesia.
Saya minta cara pandang pemerintah pusat kepada Papua diubah. Papua selalu dipandang separatis, merusak NKRI dan harus ditumpas, Papua bodoh, itu pandangannya, itu yang salah,” katanya dalam acara diskusi Kabinet Boros & Bobrok Percepat Disintegrasi NKRI di kompleks pertokoan Duta Merlin Blok, Jalan Gajahmada, Jakarta, Selasa (1/11/2011).

Karena itu, Edo meminta kepada pemerintah untuk merangkul dan tidak selalu mencurigai setiap gerakan di Papua. Dengan demikian citra dari rakyat yang protes terhadap ketidakadilan tidak melulu separatis atau pemberontak. “Ubahlah cara pandang kepada orang Papua,” tambahnya.

Dia menambahkan, kondisi rakyat Papua sangat memprihatinkan. Jika masyarakat di provinsi lain bebas menyampaikan aspirasi dan protes, rakyat Papua akan langsung dituduh makar bila melakukan hal yang sama. “Kok kemarin rakyat Papua ditembakin, sementara NII yang jelas-jelas makar enggak ditembakin,” tanyanya.

Edo berpendapat, gejolak politik dan keamanan yang terjadi di Papua akhir-akhir ini tak terlepas dari kegagalan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk menemukan akar persoalan di Papua. Sehingga, masalah yang
muncul pun selalu berulang-ulang, misalnya kesejahteraan, kemiskinan, keterbelakangan,dan lainnya.

Padahal, pemerintah telah kerap menerjunkan tim ke Papua, seperti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Terhadap situasi ini, Edo mengaku pesimistis pemerintah masih sanggup menyelesaikannya. “Saya jadi mikir, apa Papua harus merdeka dari Indonesia? Kalau setuju, apa itu jawaban orang Indonesia?” tanyanya.

“Apa kita (Papua) orang Indonesia, kenapa perlakuannya seperti anak haram. Padahal kita punya andil yang sangat besar dalam pembangunan negeri ini,” katanya [ Okezone.com ]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s