Zona Berita

Pangdam IM: Nasib Aceh Tergantung Situasi Dua Bulan ke Depan

Banda Aceh-Zona Damai : Pangdam Iskandar Muda Mayjen Adi Mulyono mengatakan nasib Aceh tergantung situasi dua bulan ke depan. Bila masa kritis itu bisa terlewati dengan aman dan damai, maka Aceh akan lebih maju dibandingkan provinsi lain di Indonesia.

“Dengan sederet potensi yang dimiliki, Aceh ke depan sangat mungkin menjadi provinsi yang paling maju di Indonesia. Ini hanya bisa terwujud kalau masa kritis dua bulan ke depan bisa terlewati dengan aman dan damai,” kata Pangdam saat kopi bareng dengan pemuda Kota Banda Aceh dan kalangan wartawan di Stui Kupi, Banda Aceh, Jumat (28/10).

Pangdam mengatakan peran serta seluruh lapisan masyarakat sangat penting untuk membawa Aceh keluar dari krisis tersebut. “Hilangkan kepentingan kelompok demi kepentingan yang lebih besar, yakni kepentingan masyarakat Aceh dan bangsa Indonesia,” katanya.

Dikatakannya, kondisi Aceh kekinian cukup memprihatinkan dengan aksi-aksi unjuk rasa belakangan ini. “Meski ini dibolehkan dalam demokrasi, tapi diharapkan tidak dengan anarki. Karena kami bertanggungjawab untuk stabilitas keamanan Aceh,” kata Pangdam.

Untuk menekan niat-niat tak baik dari orang-orang tak ingin Aceh damai, kata Adi Mulyono, perlu membangun balai-balai di gampong sebagai tempat berkumpulnya kalangan muda. “Dengan kekompakan kalangan muda di setiap gampong, sedikitnya akan membuat segan orang-orang yang berniat membuat kacau,” katanya.

Terkait posisi TNI dalam Pemilukada yang akan berlangsung di Aceh, Pangdam menegaskan pihaknya tetap netral. “Tugas TNI adalah memastikan situasi keamanan memang benar-benar baik,” katanya.

Hal ini disampaikan Pangdam untuk mengklarifikasi sejumlah isu miring yang menyebutkan bahwa TNI tak netral. “Dekat dengan gubernur, pangdam kemudian dibilang tak netral, lalu pangdam diminta dicopot dan diganti,” katanya.

Padahal, kata Adi Mulyono, komunikasi yang dibangun Kodam IM dengan gubernur hanya semata-mata dalam hubungan kerja jajaran muspida. “Mungkin dalam beberapa kesempatan kami menyampaikannya tidak secara formal. Namun, yang kami sampaikan tetap masukan-masukan terkait stabilitas keamanan di Aceh,” katanya.

Dia menegaskan, selama ini dan ke depan nanti tidak ada instruksi bagi jajaran TNI untuk mendukung salah satu kandidat. “Dalam menjalankan tugas pengamanan, kami selalu mengedepankan netralitas, termasuk dalam menghadapi Pemilukada di manapun berada,” katanya.

Pangdam juga meminta para pemuda untuk melaporkan jika memang ada Dandim, Danramil, yang tidak netral. “Jika nantinya terbukti tidak menjalankan tugasnya dengan baik atau tidak netral akan saya ambil tindakan tegas. Laporkan ke saya jika ada anggota saya tidak netral,” tegas Pangdam IM. [ Harian Aceh ]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s