Zona Berita

MK Minta Keterangan KIP Aceh

BANDA ACEH-Zona Damai : Mahkamah Konstitusi (MK) kembali menyidangkan perkara gugatan tentang pembatalan surat keuptusan KIP Nomor 17 tahun 2011 yang berisi jadwal Pilkada Aceh, Senin 31 Oktober 2011. Persidangan yang berlangsung di ruang gedung MK di Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, ini berdasarkan gugatan dua warga Aceh TA Khalid dan Fadhlullah.

Persidangan kali ini, majelis mendengar keterangan dari Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh. Seluruh komisioner KIP tampak datang ke persidengan kecuali Salam Poroh yang tak hadir disebabkan sakit. Dalam keterangan tertulis yang dibacakan majelis, KIP menjelaskan bahwa Pilkada Aceh sudah sesuai dengan perundang-undangan. Intinya, KIP menginginkan Pilkada Aceh harus berjalan sesuai jadwal.

Keterangan KIP dikuatkan oleh Pemda Aceh. Ketika ditanyak soal dasar hukum penyelenggaraan Pilkada Aceh, mereka berketatapan menjalankan Pilkada sesuai dengan Qanun terdahulu, yaitu Qanun Nomor 7 tahun 2006.

Hanya saja, menurut Mukhlis Mukhtar selaku kuasa hukum penggugat menyoal KIP yang mengakomodir beberapa calon perseorangan dalam Pilkada Aceh kali ini.

“Padahal jika dasar penyelenggaran Pilkada Aceh berpegang pada Qanun lama ada beberapa calon perseorangan (capon independen) yang masih sebagai anggota partai politik. Harusnya, mereka keluar dulu dari partai politik baru mendaftarkan diri sebagai calon perseorangan,” kata Mukhlis. “Ini tentu penerapan hukum yang keliru telah dilakukan di sini.” [ Atjeh Post ]

Categories: Zona Berita

Tagged as: , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s