Zona Berita

Dana Keamanan Freeport Rp 1,25 juta Per Orang?

Jakarta-Zona Damai : Perhimpunan Rakyat Pekerja menyebut bahwa dana keamanan yang dikucurkan oleh PT Freeport Indonesia di Tembaga Pura, Papua sebesar Rp 1,25 juta per orang dalam sehari. Besarnya dana pengamanan itu dinilai oleh Perhimpunan Pekerja yang membuat petugas keamanan cendrung berpihak kepada perusahaan.

“Petugas keamanan justru bertindak represif terhadap pekerja yang melakukan unjuk rasa,” kata Ketua Perhimpunan Rakyat Pekerja Anwar Ma’ruf melalui telepon, Minggu, 30 Oktober 2011.

Anwar berujar, informasi yang diperolehnya menyebut, ada 635 orang aparat TNI dan Polri yang ditugaskan untuk melakukan pengamanan obyek vital PT Freeport Indonesia. Berdasarkan Surat Kepolisian Daerah Papua Nomor B/918/IV/2011 tanggal 19 April 2011, aparat keamanan itu terdiri dari 50 anggota Polda Papua, 69 Polres Mimika, 35 anggota Brigadir Mobil Den A Jayapura, 141 anggota Brimob Den B Timika, 180 anggota Brimob Mabes Polri dan 160 anggota TNI.

“Dana ini langsung diberikan oleh manajemen PT Freeport Indonesia kepada aparat,” katanya. “Tidak aneh jika aparat keamanan akan lebih patuh kepada majikannya dibandingkan menjalankan kewajibannya untuk melindungi rakyat Indonesia yang tinggal di Papua,” dia menambahkan.

Juru bicara PT Freeport Indonesia Ramdani Sirait membenarkan jika Freeport memberikan dana bantuan keamanan kepada aparat keamanan dengan jumlah sebesar US $ 14 juta pada 2010. Namun Ramdani enggan merinci penggunaan bantuan dana keamanan itu. “Silahkan lihat di website (dimaksud website Freeport).

Pada situs http://www.fcx.com milik Freeport-McMoRan dijelaskan bahwa PT Freeport Indonesia bekerja sama dengan pemerintah Indonesia untuk menjaga ketertiban, menegakkan supremasi hukum, dan melindungi personil perusahaan dan properti milik Freeport. Bahkan disebutkan jika penjagaan keamanan perusahaan tambang oleh kepolisian diatur dalam keputusan presiden sebab dikategorikan sebagai aset vital nasional.

Masih dalam situs, disebut juga bahwa Kolisian dapat melibatkan militer dalam menjaga keamanan. Adapun biaya keamanan yang dikeluarkan oleh Freeport sebesar US $ 14 juta pada 2010. “Ini dukungan tambahan terdiri dari berbagai macam infrastruktur dan biaya lainnya, seperti makanan, perumahan, bahan bakar, perjalanan, perbaikan kendaraan, tunjangan untuk menutupi biaya tak terduga dan administrasi, dan program komunitas bantuan,” demikian penjelasan dalam situs itu.

Ramdani yang dikonfirmasi mengenai alasan adanya peningkatan dana pengamanan setiap tahunnya ini, pun enggan berkomentar. Begitu juga rencana dana pengamanan pada tahun berikutnya. Dia lagi-lagi mengarahkan untuk membacanya pada situs tersebut. [ TEMPO Interaktif ]

Categories: Zona Berita

Tagged as: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s