Zona Berita

PT Freeport Dinilai Memperdayai Publik

TIMIKA-Zona Damai :Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) PT Freeport Indonesia menilai manajemen PT Freeport Indonesia telah memperdayai publik dengan memaparkan bahwa kenaikan upah yang mereka tawarkan bisa meningkatkan pendapatan karyawan setiap bulan bisa lebih dari Rp 10 juta.

Dalam pertemuan dengan Bupati Mimika Klemen Tinal di Timika, Sabtu (29/10/2011), perwakilan manajemen PT Freeport Indonesia, Sinta Sirait, menyebutkan dengan kenaikan 30 persen dari gaji pokok selama dua tahun yang ditawarkan oleh perusahaan , pendapatan kotor yang akan karyawan terima pada tahun 2011 dan 2012 lebih dari sepuluh juta rupiah.

Saat pertemuan itu, Sinta berjanji pada tahun 2011, pendapatan kotor karyawan setiap bulan berkisar antara Rp 11 juta untuk karyawan nonstaf level terendah F1 hingga Rp 17 juta untuk karyawan nonstaf level tertinggi A5. Tahun 2012, pendapatan kotor itu akan meningkat lagi, berkisar antara Rp 12,7 juta hingga Rp 19 juta per bulan.

Juru Bicara SPSI PT Freeport Indonesia Juli Parorongan menilai besaran pendapatan yang disampaikan Sinta memperdaya publik. “Bonus dan tunjangan di luar upah pokok yang kami terima setiap bulan tidak tetap besarannya, ditambah lagi jika kami sakit satu hari, besaran bonus berkurang separuh. Jadi sebetulnya upah yang kami terima setiap bulan nantinya, tidak akan sebesar yang disebut oleh manajemen,” ungkapnya.

Karena itu, karyawan tetap meminta agar upah pokok dinaikkan menjadi berkisar antara 7,5 dollar AS hingga 33 dollar AS per jam. Dengan kenaikan itu, upah pokok karyawan berkisar antara Rp 11,6 juta hingga Rp 51,3 juta per bulan. [ Kompas.com ]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s