Zona Humaniora

Pemugaran Situs Bung Karno Terbentur Dana

ENDE, Folres – Zona Damai : Pemugaran situs Bung Karno di Kabupaten Ende, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, sampai saat ini belum terlaksana karena terbentur masalah dana. Padahal pemugaran situs ini telah dicanangkan pada akhir Desember 2010 oleh Wakil Presiden Boediono.

Situs yang akan dipugar oleh Yayasan Ende Flores itu direncanakan meliputi rumah tempat pengasingan Bung Karno, patung Bung Karno, Taman Renungan tempat Bung Karno biasa duduk untuk merenung, gedung Imakulata tempat pementasan Bung Karno, serta makam mertua Bung Karno, Ibu Amsi.

“Bapak Wakil Presiden Boediono selaku Ketua Dewan Pembina dalam yayasan ini menghendaki pendanaan pemugaran situs Bung Karno tak menggunakan dana APBD atau pun APBN, jadi murni dari swasta. Ini tidak mudah, karena tak banyak swasta berminat di bidang ini,” kata Ketua Yayasan Ende Flores, Ignas Kleden, Sabtu (29/10/2011) di Ende.

Menurut Ignas, paling tidak sampai akhir tahun ini diupayakan untuk penggalangan dana, sedangkan tahun depan (2012) baru mulai pengerjaan pemugaran. [ Kompas.com ]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s