Zona Berita

Kontras: Kepercayaan Rakyat Papua Pada Pemerintah Rendah

Jakarta-Zona Damai : Kontras menilai unit khusus bentukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tak akan bisa menyelesaikan konflik di Papua. Koordinator Kontras Haris Azhar mengatakan, pemerintah semestinya membangun kepercayaan rakyat Papua terlebih dahulu. Pasalnya, tingkat kepercayaan rakyat Papua sudah sangat rendah.

“Intinya saya ingin bilang, unit apa pun yang dibuat itu sifatnya tidak linear. Niat yang baik akan berdampak baik implementasinya bila di saat bersamaan Pemerintah juga menunjukkan kemauannya untuk menyelesaikan hal-hal yang dianggap urgent diselesaikan secara profesional. Misalnya, di Kejaksaan Agung terdapat sejumlah berkas penyelidikan soal Pelanggaran HAM di Wamena dan Wasior beberapa tahun yang lalu. Itu tidak ada kelanjutannya. Bila hari ini masalah tersebut diselesaikan, kepercayaan publik di Papua pasti meningkat. Jadi apa pun program yang dijalankan pemerintah akan diterima secara baik pula oleh masyarakat Papua.”

Haris Azhar menambahkan, selain itu pembentukan unit juga harus dijalankan dengan transparansi yang jelas. Salah satunya dengan mengajak beberapa masyarakat lokal untuk terlibat di dalamnya.

Sebelumnya, Pemerintah membentuk unit khusus untuk menyelesaikan konflik di Papua. Unit itu juga sekaligus bakal melakukan evaluasi terhadap penggunaan dana otonomi khusus (otsus) di Papua.
[ KBR 68H ]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s