Zona Wisata

Di Biak, Terumbu Karang Dibiarkan Rusak

Biak-Zona Damai : Terumbu karang di pesisir pantai selatan dan timur Biak, Papua terancam rusak. Kerusakan ini lantaran maraknya penangkapan ikan yang menggunakan bahan peledak oleh nelayan setempat.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Biak Numfor, Aburisman Taher mengatakan nelayan setempat menangkap ikan dengan mesiu bom atau dopis. Bahan peledak ini didapat dari bekas peninggalan perang dunia II. Aburisman mengaku pihaknya berusaha menangkap para nelayan pembom tersebut, tetapi sulit dilakukan karena kekurangan SDM.

“Karena selama ini, pelaku itu bom, kita tak bisa tangkap. (Di daerah mana yang kerap pengobaman ikan ini?) Ini sering terjadi di pesisir pantai di daerah sorido, yemdodori dan kepulauan padaido yang masih sering ada laporan dari masyarakat. Dan saya sudah intruksikan kabid pengawasan supaya mengambil langkah-langkah secepatnya.”

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Biak Numfor, Aburisman Taher meminta aparat keamanan, seperti polisi air dan angkatan laut setempat dapat bekerjasama menangkap nelayan yang masih menggunakan bahan peledak. Ini dilakukan untuk menjaga kelestarian terumbu karang dan biota laut di daerah Biak.
[ KBR 68H ]

Categories: Zona Wisata

Tagged as: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s