Zona Berita

Nazar : Unjuk Rasa tuntut Penundaan Pilkada belum Mewakili

LHOKSEUMAWE-Zona Damai : Menurut Wakil Gubernur Aceh Muhammad Nazar unjuk rasa menuntut apapun boleh saja dilakukan sejauh tidak terjadi anarkis. Tapi, Nazar pun bertanya, kalau 2,5 juta lebih warga Aceh berdemo meminta tahapan pilkada tetap dilanjutkan, bagaimana?

“Unjuk rasa itu juga nggak bisa dilarang karena hak demokrasi, kecuali terjadi anarkis,” kata Nazar menjawab para wartawan yang menanyakan tanggapannya tentang aksi demo di sejumlah daerah meminta pilkada ditunda.

Ditemui usai salat Jumat di Masjid Syuhada, Mongeudong, Banda Sakti, Lhokseumawe, Nazar melanjutkan, “Boleh-boleh saja menyampaikan permintaan. Apalagi itu (demo meminta pilkada ditunda) saya lihat bukan sesuatu yang kolektif secara kuantitas maupun kualitas, saya pikir itu belum dapat dikatakan mewakili semuanya”.

Dia merincikan, kandidat peserta pilkada kali ini yang sudah mendaftar mencapai 256 orang. Jika masing-masing kandidat memiliki 10 ribu saja pemilih, maka semuanya ada hampir 3 juta orang. “Kalau hampir 3 juta warga melakukan demonstrasi yang sama meminta pilkada dilanjutkan tahun ini juga, bagaimana?” tanya Nazar sembari tersenyum.

Mengenai tidak adanya calon dari Partai Aceh yang mendaftar, Nazar mengatakan sebelum masa pendaftaran berakhir dirinya sempat menyarankan pihak partai lokal itu untuk ikut serta dalam kontes demokrasi ini.

“Saya sendiri waktu itu menyampaikan kepada kawan-kawan dari Partai Aceh kalau bisa daftarkanlah, masalah perbedaan pandangan mungkin bisa terus di-follow-up secara hukum. Tapi yang namanya mendaftar kan daftar terus. Sebenarnya begitu saya berikan pemikiran,” kata Nazar.

Nazar juga memberikan saran kepada Gubernur Aceh Irwandi Yusuf agar tetap berkoordinasi dan komunikasi dengan parlemen. Begitu juga dengan partai-partai politik. “Walaupun beliau naik dengan independen (perseorangan),” katanya.

“Jadi posisi saya sebagai wakil gubernur adalah salah satu pimpinan pembinaan untuk seluruh komponen,” pungkas Nazar.[ Atjeh Post ]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s