Zona Berita

Komnas Ham Papua: Aparat Lakukan Pelanggaran HAM

Jayapura-Zona Damai : Komnas HAM perwakilan Papua menemukan sejumlah pelanggaran HAM dalam pembubaran paksa Kongres Papua III .

Wakil Ketua Komnas HAM perwakilan Papua, Matius Murib menuturkan seharusnya aparat keamanan bisa lebih persuasif dalam menangani pembubaran acara yang dilaksanakan di Abepura, Jayapura pada 16-19 Oktober lalu. Aparat keamanan bisa melakukan negosiasi dan pemanggilan kepada ketua panitia kongres atau Ketua Dewan Adat Papua. Namun hal itu tidak dilaksanakan. Sementara dalam penangkapan lebih dari 300-an orang peserta kongres, kata Matius aparat keamanan melakukan pemaksaan dan penganiayaan dalam penangkapan itu.

“Dan saat mereka dipaksa, ditahan, ditarik itu kan mereka dipukul, ditendang. Mereka kan disiksa, disuruh buka bajunya, angkat kedua tangan ke atas dan ada proses yang kita anggap itu penyiksaan, perlakuan penyiksaan. Bukan hanya penyiksaan sampai ada warga yang tertembak mati. Nah ketika perbuatan menghilangkan nyawa orang dan penyiksaan terjadi, itu sudah jelas pelanggaran hak asasi manusia,”tegasnya.

Saat ini situasi Kota Abepura dan sekitarnya sudah mulai kondusif walaupun warga setempat masih takut untuk keluar malam hari. Pasca pembubaran kongres tersebut tiga orang Penjaga Tanah Adat Papua PETAPA ditemukan tewas di sekitar lokasi kejadian. Sementara itu polisi telah menetapkan enam orang tersangka dalam Kongres Papua III ini. Mereka dijerat pasal makar Undang-Undang Darurat. [ KBR 68H ]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s