Zona Berita

Djoko Suyanto: Aparat Kesulitan Tangani Papua

Jakarta–Zona Damai: Aparat keamanan kesulitan untuk memburu pelaku kekerasan di Papua. Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto mengatakan, kondisi geografis Papua yang sebagian besar masih terdiri dari hutan dan juga pegunungan mempersulit proses pengejaran. Apalagi jumlah aparat keamanan di Papua juga terbatas. Karena itu, pemerintah pusat memutuskan untuk menambah jumlah aparat keamanan di Papua agar pelaku kekerasan bisa ditangkap.

“Oleh karena itu kalau ada penambahan pasukan ke Papua jangan sampai ada kelompok-kelompok yang mengatakan ada operasi militer di Papua, ini pasti Papua tidak aman dan sebagainya. Lah, katanya minta aman, tapi kalau dikirim anggota kepolisian untuk menambah aparat keamanan lantas bilang kacau nih. Jadi harus melihat dalam konteks itu. Saya mengerti betul bagaimana kondisi geografis di Papua, tidak mudah. Mereka mobilitasnya sangat tinggi, karena wilayah geografi itu kan sudah menjadi darah daging mereka sehingga bisa bermanuver untuk terus bergerak.”

Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto optimistis kasus kekerasan yang terjadi di Papua bisa diselesaikan. Saat ini aparat kepolisian dibantu TNI terus memburu kelompok yang kerap melakukan kekerasan di Papua. Djoko memastikan tidak akan ada tindak kekerasan yang dilakukan aparat TNI Polri dalam mengamankan situasi di Papua.

Situasi di Papua kembali memanas pasca tewasnya Kapolsek Mulia Dominggus Awes, dua hari lalu. Dinihari tadi, aksi penembakan kembali terjadi di area PT Freeport di Mimika. Minggu lalu, aksi penembakan juga terjadi di area PT Freeport yang menewaskan penambang tradisional serta karyawan PT Freeport. Polisi menuding gerakan separatis sebagai pelaku kekerasan di Papua.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s