Zona Berita

Polda Kaltim Kirim Pasukan ke Papua

Balik Papan – Zona Damai : Kemarin Kapolda Kaltim Irjen Pol Bambang Widaryatmo melepas sebanyak 109 personel Brimob Polda Kaltim ke Papua sebagai Bantuan Kendali Operasi (BKO). Rombongan ini dipimpin langsung Kasat Brimob Kombes Pol Leo Bona Lubis.

Pada pelepasan tersebut, Kapolda berharap Brimob Polda Kaltim bisa melaksanakan tugas penegakan hukum dengan maksimal di sana.

“Sat Brimob Polda Kaltim ditunjuk pimpinan Polri sebagai pelaksana operasi pemulihan keamanan di Papua. Tentunya kepercayaan oleh pimpinan Polri ini suatu penghargaan karena Sat Brimob Polda Kaltim dipandang mampu menegakkan hukum di wilayah Papua,” jelasnya.

Kepada para personil yang berangkat, Kapolda berpesan agar senantiasa menjalankan tugas dengan maksimal, menjaga kekompakan selama bertugas di Papua.

“Bergeraklah selalu, jangan diam statis menunggu perintah, karena hanya dengan bergerak dan mencari kalian akan menemukan. Sebaliknya, duduk manis berdiam diri akan menjadi sasaran empuk yang mudah menjadi taget,” kata Bambang.

Diketahui, sebelum pemberangkatan ini, para personel tersebut sebelumnya mengikuti pelatihan Pra Operasi Satgas Penanggulangan Khusus ke Papua. Latihan digelar selama sepekan di tiga tempat, yakni di kawasan Hutan Lindung Bukit Soeharto, Hutan Lindung Bukit Bengkirai dan Mako Brimobda Stal Kuda Balikpapan.

Materi latihan di antaranya adalah tentang koordinasi antara unit, pengetahuan tentang hukum, perundang-undangan, HAM, menembak, penyerangan dan pertahanan, combat intelejen, patroli serta pengawalan dan evakuasi penduduk.

Para personil tersebut dipersiapkan secara khusus, baik kemampuan maupun perlengkapannya sebagai satuan tugas yang nantinya memiliki otoritas dan kapabilitas untuk beroperasi secara mandiri. [ Inilah.com ]

Categories: Zona Berita

Tagged as: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s