Zona Berita

Elite Papua Harus Terbuka Soal Dana Otsus Rp28,8 T

Jakarta – Zona Damai : Selain campur tangan asing, konflik tindak kekerasan yang berkepanjangan di Papua juga disinyalir karena faktor kesejahteraan masyarakat di Papua yang tidak merata.

Wakil Ketua DPR dari Fraksi PDIP, Pramono Anung menyatakan, konflik di Papua karena dana Otonomi Khusus (Otsus) sebesar Rp28,8 triliun belum dirasakan masyarakat Papua.

“Dana yang cukup besar bahkan triliunan tapi tidak sampai ke masyarakat, selama dana itu tidak sampai ke masyarakat masalah ini akan terus terjadi,” kata Pram, di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (26/10/2011).

Menurutnya, sangat tidak adil jika terdapat perusahaan besar seperti Freeport tapi tidak membawa dampak yang signifikan kepada masyarakat. Bahkan, masyarakat Papua saat ini masih mengalami ketertinggalan.

“Perusahaan besar bahkan tingkat dunia tapi bagi masyarakat Papua tidak ada yang benefit yang signifikan dapat dirasakan masyarakat,” jelasnya.

Dijelaskannya, jika kesejahteraan masyarakat terpenuhi, maka konflik yang selama ini terjadi akan pudar. “Kalau masyarakatnya sejahtera, konflik tidak mungkin terjadi. Masyarakat Papua ini masyarakat yang toleran,” ucapnya.

Seperti diketaui, Dalam dua minggu terakhir tercatat delapan orang tewas akibat kekerasan di Papua. Satu orang tewas dalam demonstrasi menuntut penaikan upah karyawan PT Freeport Indonesia, tiga tewas terkait dengan acara Kongres Rakyat Papua, dan tiga lainnya tewas di wilayah Kilometer 38 dan 39 Timika.

Korban terakhir adalah Kapolsek Mulia, Kabupaten Puncak Jaya, Ajun Komisaris Dominggus Oktavianus Awes yang ditembak di Bandar Udara Mulia. [ Inilah.com ]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s