Zona Berita

KNPB : PT. Freeport Harus Di Tutup Total Hingga Ada Penyelesaian

Zona Damai: Abepura – Komite Nasional Papua Barat (KNPB) menyatakan dengan tegas agar tutup total PT. Freeport dan perusahan tambang raksasa ini mempertanggungjawabkan politik, moral dan kejahatan terhadap pelanggaran hak asasi manusia di Tanah Papua.

Hal ini disampaikan Juru Bicara KNPB, Mako Tabuni melalui seruan aksi solidaritas yang ditandatangani Ketua KNPB, Buchtar Tabuni bersama Koordinator Umum, Victor Kogoya, di Abepura, Kamis (13/10).

“Bangsa Papua Barat secara terus menerus ditindas hak-haknya, kekayaan alamnya dirampok habis oleh perusahan tersebut tanpa ada jaminan hidup yang sehat,” ujar Mako Tabuni.

Dikatakan, kondisi situasi keamanan di Tanah Papua Barat secara menyeluruh dan khususnya di Timika – Tembagapura dan sekitarnya dalam situasi darurat, korban penembakan, teror dan intimidasi semakin marak dilakukan aparat keamanan milik perusahan dan pemerintah.

“Kondisi ini juga di perburuk dengan sikap perusahan tambang raksasa PT Freeport Indonesia milik imperialisme Amerika Serikat yang acuh tak acuh terhadap tuntutan para serikat pekerja buruh dan masyarakat adat,” tuturnya.

Sementara itu, Koordinator Umum Aksi Solidaritas, Victor Kogoya menambahkan bahwa PT. Freeport merupakan aktor sumber konflik yang telah lama menancapkan taringnya di bumi Cenderawasih sebelum wilayah Papua Barat diintegrasikan secara tidak demokratis kedalam pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) 1969.

“ Tidak ada kemajuan positif yang bangsa Papu Barat dapatkan dari kehadiran perusahan raksasa dunia ini. Disisi lain, keadilan yang seadil-adilnya dibutuhkan saat ini hanya tinggal isapan jempol,” akuinya.

Bangsa Papua Barat, katanya, menuntut perusahan raksasa asal Amerika Serikat harus di tutup total.

“Mengingat kehadiran dan watak asli imperialisme PT. Freeport yang sewenang-wenang, maka Komite Nasional Papua Barat (KNPB) sebagai media nasional rakyat Papua Barat, sekaligus penanggungjawab politik dalam negeri Tanah Papua akan menyikapinya dalam bentuk dukungan aksi (demo damai) secara nasional yang akan direncakana pada Rabu, tanggal 19 Oktober 2011,” tandasnya. [JUBI]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s