Zona Berita

Pilkada Aceh Tetap Berjalan, Meski Tanpa Partai Aceh

Zona Damai : Jakarta – Pemilihan Umum Kepala Daerah Aceh mesti terus berjalan tanpa keterlibatan Partai Aceh yang mendominasi kursi DPR Aceh.

Partai Aceh menolak partisipasi karena pilkada Aceh merujuk aturan Mahkamah Konstitusi yang membolehkan calon independen. Wakil Ketua Komisi Dalam Negeri Ganjar Pranowo mengatakan, aturan Mahkamah Konstitusi mutlak harus dijalankan walaupun bertentangan dengan Perda Aceh. Ia juga menambahkan, Gubernur dan Bupati terpilih dapat mengatasi potensi penolakan Partai Aceh melalui lobi politik.

“Kalau landasan hukum seperti itu yang tertinggi putusan siapa? Putusan apapun selagi bentuknya Undang-undang dan melanggar konstitusi suka tidak suka harus mengikuti putusan MK. Nanti akan tergantung negosiasinya. Kalau Gubernurnya hebat dan mampu melakukan pendekatan terhadap partai politik. Tidak soal.”

Pemilukada Aceh akhirnya mengizinkan majunya calon independen sesuai dengan keputusan Mahkamah Konstitusi. Partai Aceh menilai keputusan itu menyalahi Nota Kesepahaman Perdamaian Helsinki pada 2005 lalu. Dalam nota kesepahaman itu disebutkan setiap aturan yang terkait Aceh harus dirundingkan dengan DPR Aceh. Penolakan Partai Aceh terhadap pilkada kali ini dikhawatirkan akan menimbulkan konflik antara Bupati dan Gubernur terpilih dengan DPR Aceh yang dikuasai Partai Aceh. [KBR 68H]

Categories: Zona Berita

Tagged as: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s