Zona Berita

KNPB Dituding Lakukan Kebohongan Publik

Mako Tabuni (jalan paling depan) saat memimpin massa KNPB menggelar aksi demo Jayapura, 2-8-2011 mendukung KTT ILWP, di London.

Bintang Papua.com : Jayapura – Komite Nasional Papua Barat (KNPB) yang menyatakan diri sebagai medianya rakyat Bangsa Papua, mendapat sorotan tajam. Hal itu dilontarkan Jaringan Badan Eksekutif Mahasiswa (JBEM) se-Tanah Papua, melalui releasenya yang diterima Bintang Papua, Selasa (4/10) melalui seseorang yang tidak mau dikorankan namanya. Dalam release yang ditandatangani oleh Adolof T dan sekretarisnya Sonny D Rowaa, menyatakan bahwa seluruh pergerakan KNPB selama ini hanya memanfaatkan kekuatan rakyat Papua sebagai obyek kepentingan tertentu atau kelompok KNPB.

“Maka kami atas nama masyarakat yang tergabung dalam Jaringan Badan Eksekutif Mahasiswa se Papua dapat menyatakan pandangan kami kepada masyarakat Papua yang selama ini dimanfaatkan dengan cara kebohongan serta pemerasan yang dilakukan KNPB selama ini,” ungkapnya.

Sehingga dengan tegas dikatakan, bahwa JBEM meminta masyarakat se-Tanah Papua agar segera menuntut dan mengejar pentolan KNPB untuk mempertanggung jawabkan perbuatan kebohongan public dengan mengatasnamakan rakyat Papua di nasional dan internasional untuk kepentingan kelompok KNPB.
“Bahwa rakyat Papua mengutuk dengan keras terhadap Mako Tabuni dan Deny Wenda atas sejumlah pernyataan sikap yang mengatasnamakan masyarakat Papua yang sudah disampaikan kepada Pemerintah Pusat dengan bergeming uang sebesar Rp 500 juta untuk KNPB,” tandasnya dalam pernyataan sikapnya.

Pernyataan sikpanya juga dinyatakan, bahwa rakyat segera melaporkan KNPB kepada kepolisian atas berbagai unsure pidana yang sudah dilakukan oleh KNPB dengan modus penipuan, pemerasan, serta pemalsuan informasi kepada masyarakat Papua, dan penghasutan kepada rakyat Papua untuk melakukan perlawanan kepada Pemerintah Indonesia.
“Bahwa Kepolisian Kota Jayapura segera mengungkapkan kepada public tentang keikutsertaan pengurus KNPB dalam berbagai modus kejahatan beberapa waktu lalu kepada masyarakat,” desaknya.

Selain itu, dinyatakan juga bahwa rakyat Papua di seluruh Tanah Papua untuk segera membubarkan KNPB yang saat ini berada di tingkat Kabupaten/Kota masing-masing, karena telah melakukan kontrak dengan pemerintah Indonesia untuk mendukung keutuhan NKRI. “Seruan untuk Rakyat di Tanah Papua, bahwa KNPB adaah organisasi siluman yang bentuk untuk menari diatas kepentngan masyarakat Papua dan dinyatakan bubar,” ungkapnya.

Pernyataan tersebut, menurutnya didasarkan pada informasi yang diterimanya bahwa pada tanggal 21 September 2011, Wakil Ketua I KNPB Mako Tabuni bersama Deny Wenda telah mengadakan pertemuan dengan petinggi Pemerintahan Pusat di Jakarta, yakni Petinggi Bidang Polkam.

“Pada hari Rabu tanggal 21 September 2011, kalangan aktifis mahasiswa se Tanah Papua dikejutkan dengan berita bahwa Wakil Ketua I Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Mako Tabuni dan Deny Wenda telah mengadakan pertemuan dengan lembaga tinggi Negara di Jakarta, dalam hal ini Petinggi Polkam dengan tujuan menyatakan sikap politik KNPB dan rakyat Papua Barat yang selama ini menjadi oposisi terhadap keberadaan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ungkapnya.
Dikatakan juga, bahwa hasil pertemuan Mako Tabuni dengan petinggi Pemerintahan Pusat, KNPB telah menyatakan sikap kepada pemerintah RI, yang terdiri lima poin penyataan.

Pernyataan sikap KNPB, dalam release yang diterima Bintang Papua dari JBEM se-Tanah Papua Antara lain menyebutkan :
1. Bahwa KNPB menyatakan untuk menghentikan segala bentuk pergerakan yang selama ini dilakukan bersama-sama dengan rakyat Bangsa Papua Barat untuk menuntut kepada pemerintah dan dunia Internasional agar segera memberikan ruang kepada masyarakat Papua agar dapat menentukan nasib sendiri melalui referendum/merdeka.
2. Bahwa KNPB dan masyarakat Papua sudah sadar bahwa Papua merupakan bagian wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sudah sah dan berdaulat melalui PEPERA pada tahun 1969.
3. Bahwa KNPB dan masyarakat Bangsa Papua Barat berkomitmen bahwa akan mendukung sepenuhnya kebijakan pemerintah dalam rangka percepatan pembanguan di Tanah Papua.
4. Bahwa KNPB menyerukan kepada masyarakat Papua baik itu organ gerakan dan organ pertahanan agar segera menghentikan semua giat-giat yang sedang berlangsung untuk sama-sama kita menciptakan Papua sebagai tanah damai dalam bingkai NKRI.
5. Bahwa KNPB telah meminta kepada Pemerintah untuk memberikan uang kepada KNPB atas nama masyarakat Bangsa Papua melalui pentolan KNPB atas nama Mako Tabuni dan Deny Wenda sebesar Rp 500 juta dan sudah diserahkan secara tunai.

Atas release tersebut, Mako Tabuni saat dihubungi melalui hand phonnya menyatakan bahwa semua informasi tersebut tidak benar dan bohong. “Itu omong kosong besar. Tidak ada itu,” ungkapnya.
Ditegaskan bahwa, pihaknya saat ini tidak mau berpolemik melalui media massa. “Kami hanya mau bukti,” tegasnya singkat.

Saat Bintang Papua membacakan lima pernyataan tersebut, Mako Tabuni menyatakan bahwa ia juga mendapat SMS terkait hal itu. “Dia ada SMS saya begitu juga,” ungkapnya dengan nada tersenyum sambil mengatakan “Dong bilang begitu ee”.
Ditegaskan lagi setelah Bintang Papua minta ketegasan, bahwa hal itu menurut Mako tidak benar. “Omong kosong besar itu,” tegasnya lagi. Dikatakan, bahwa Ia akan membuktikan dengan aksi nyata di lapangan. “Kita akan buktinya secara kenyataan, bukan dengan kata-kata. Apa benar sesuai dengan dong pu kata-kata itu atau bagaimana. Kita akan buktikan di lapangan nanti,” tegasnya

3 replies »

  1. emang baru tahu dia KNPB perna menghacurkan DAP waktu itu katanya KNPB se Jawa Bali datang demo di Jayapura lalu pindah ke DAP Waena akhirnya polisi masuk mengobrak abik DAP ternyata seknarionya KNPB itu Kaki tagan NKRI waktu pegebrekan terdapat pistol di salah satu anggota KNPB dan skenario itu uda lama kami DAP tahu KNPB pikir kita tidak tahu suda lama permainaan itu.

  2. massa mengatasnamakan TPN OPM, memakai baju loreng tampil di Media TV tetapi aparat tidak menangkap itu apa kaki tangan memang militer ko, semua mewakili TPN OPM ga tahu malu munafik hidup hanya jual rakyat dan diri lebi baik terkutuklah dari muka bumi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s