Zona Berita

Muslim Fak-Fak Timika Sumbang Dana Pembangunan Gereja

Atjeh Post : TIMIKA – Warga suku Fak-fak dari tiga agama, Islam, Katolik dan Protestan yang bermukim di Timika, Papua, bersatu mendukung pembangunan gedung Gereja Katolik St Stefanus Sempan dengan menyumbang Rp20 juta. Sumbangan dana pembangunan gedung gereja baru tersebut diserahkan saat perayaan misa inkulturasi budaya Fak-fak bertempat di Gereja Katolik St Stefanus Sempan Timika, Minggu (2/10).

Dalam perayaan misa yang dipimpin Pastor Willem Bungan OFM itu juga digelar tradisi “tombormagi” atau pengumpulan dana untuk pembangunan gedung gereja baru. Dana yang terkumpul berjumlah Rp11 juta.

Tokoh masyarakat Fak-fak di Timika Sulaiman Patiran mengatakan, tradisi tombormagi biasanya digelar untuk mengumpulkan harta saat keluarga laki-laki hendak meminang seorang gadis.

Dalam perkembangannya, kata Sulaiman, tradisi itu juga biasa dilakukan untuk mendukung kegiatan-kegiatan kerohanian, seperti pembangunan masjid, gereja, dan lain-lain.
“Kami warga Suku Fak-fak hidup dalam semboyan ‘Satu Tungku Tiga Batu’ karena warga Fak-fak yang beragama Islam, Katolik, dan Protestan berasal dari satu mata air atau leluhur yang sama,” kata Sulaiman.

Tokoh masyarakat Fak-fak lainnya Abraham Komber dan Yosep Kramandondo menambahkan bahwa semboyan “Satu Tungku Tiga Batu” yang merupakan warisan dari leluhur terus dipertahankan warga Fak-fak di manapun mereka berdomisili.

Adapun sumbangan dana pembangunan gedung Gereja Katolik St Stefanus Sempan Timika dikumpulkan dari warga Fak-fak di Timika yang berasal dari berbagai latar belakang agama, baik Islam, Katolik maupun Protestan.

“Dana yang terkumpul dari warga Fak-fak di Timika ini merupakan bentuk partisipasi kami dalam mendukung pembangunan gedung Gereja Katolik Sempan Timika.”

Kegiatan seperti ini sudah beberapa kali kami lakukan termasuk saat acara peresmian Gereja Katedral Timika tahun 2010,” kata Ketua Kerukunan Masyarakat Fak-fak di Timika Ibrahim Iba.

Pastor Paroki St Stefanus Sempan Timika Willem Bungan OFM menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan dan partisipasi warga suku Fak-fak dalam membantu pembangunan gedung gereja baru.

Pastor Willem meminta warga Mimika dari berbagai latar belakang suku, agama dan etnis dapat mencontohi kehidupan warga suku Fak-fak yang rukun dan damai meskipun berasal dari latar belakang agama yang berbeda-beda.[]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s