Zona Berita

Sebagian Warga Jayapura Tolak Keberadaan PT Tablasupa Nikel Mining TNM

KBR68H.com: JPuluhan warga dari Tanah Merah – Moi, Kabupaten Jayapura, Papua mendatangi DPR Papua. Mereka menolak keberadaan PT Tablasupa Nikel Mining TNM. Masyarakat meminta agar DPRP menutup perusahaan tersebut, yang berbekal izin Bupati Jayapura Habel Melkias Suwae. Juru Bicara Masyarakat Tanah Merah – Moi, Kabupaten Jayapura Nelson Sorontouw mengaku masyarakat setempat tidak pernah dilibatkan dalam proses penambangan. Padahal mereka adalah pemilik hak ulayat. Masyarakat minta DPR Papua meninjau lokasi tambang nikel dan menghentikan seluruh aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan tersebut dalam waktu satu minggu, terhitung mulai hari ini.

“Tidak ada hak pelepasan tanah. Kalau ada pelepasan tanah di Jayapura, ini berarti ada hak dari Suku Uyouw, Awi, dan segala macam, baru dia terbitkan sertifikat tanah, tapi ini tidak. Disini ada tertera pemegang saham adalah anaknya Habel Melkias Suwae, yaitu Yeskel Essauw Yambiwai. Yambiwai itu adalah anak nama dari tanah merah punya adat, oleh sebab itu dipaksakan masuk. Saya minta tegas agar bapak pergi untuk suruh aktivitas yang ada di Tablasupa supaya tidak jatuh korban dalam satu minggu ini.”

Juru Bicara Masyarakat Tanah Merah – Moi, Nelson Sorontouw Dalam pertemuan tersebut DPR Papua berjanji akan menutup sementara tambang tersebut, sambil memanggil pemilik perusahaan PT TNM, Pemda Kabupaten Jayapura, aparat kepolisian Polda Papua dan Kodam Cenderawasih untuk meminta kejelasan beberapa pihak ini. PT Tablasupa Nikel Mining berdiri di atas tanah seluas 19 ribuan hektar. Perusahaan ini sudah berdiri sejak 2007 lalu. Pada 2008 pernah terjadi konflik antara perusahaan dengan warga setempat.

Categories: Zona Berita

Tagged as: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s