Zona Berita

Asli Papua Jangan Diartikan Macam-Macam

Bintang Papua.com : Asisten Koordinator Bidang Otsus pada Kementerian Polhukam, Brigjen TNI Sumardi bersama Kabid Desentralisasi Otda, Ir Edison Silaen  mengunjungi  dan melakukan petemuannya dengan Unsur Pimpinan MRP  Kamis( 22/9).  Pertemuan itu dalam rangka melakukan koordinasi tentang keaslian Putera Daerah dalam Pilgub Papua.  Dalam pertemuan   itu,  Sumardi kembali menegaskan  MRP untuk konsisten dengan keputusannya tentang  kriteria keaslian orang Papua dalam Pilihan Gubernur Papua. Kementerian Polhukam  sudah menangkap keinginan DPRP tentang pasal yang  mengatur tentang Putera Daerah. Dengan demikian sudah jelas bahwa Gubernur dan  Wakil Gubernur Papua yang akan bertarung dalam Pilkada nanti harus asli Papua. Ia mengatakan,    pasal tentang putera asli Papua itu jangan   diartikan macam macam, jangan ada lagi persepsi lain dalam mengartikan pasal pasal itu, sebab sudah jelas putera Daerahlah,  karena merupakan lambang kekhususan Papua.

Brigjen TNI Sumardi dan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf

“Bila ada istilah anak adat dan sebutan lainnya,  itu kewenangan MRP, namun MRP harus tetap mengacu pada Putera asli Papua,” ungkapnya.

Bila masih ada pertimbangan, berarti itu sudah abu abu, jadi tetap mengacu pada  putera asli Papua.
Ketika ditanya Wartawan  apakah Pilkada Gubernur Papua  akan rawan, Brigjen Sumardi menyatakan, Pilkada Papua sejauh pemantauan Polhukam  akan  aman tidak seperti Pilkada di Aceh, Papua aman. Terlepas dari  koordinasi dengan MRP terkait pasal- pasal Putera daerah, Brigjen Sumardi mengungkapkan sejauh ini Jakarta mempunyai pandangan  sendiri tentang pelaksanaan Otsus di Papua yang belum begitu mencapai target yang diharapkan.

Categories: Zona Berita

Tagged as: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s