Zona Berita

Stop! Konversi Lahan Pertanian di Aceh

Atjeh Post.com : Aliansi Masyarakat Peduli Petani atau Almapi mengimbau semua pihak menghentikan konversi lahan pertanian di Aceh. Pemerintah Aceh didesak mengeluarkan kebijakan untuk menertibkan konversi lahan pertanian yang marak selama ini, karena hal itu membuat lahan pertanian terus berkurang. Desakan itu disampaikan puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Almapi saat menggelar aksi simpatik Hari Tani Nasional ke-51 di Bundaran Simpang Lima, Banda Aceh, Jumat (23/9).

“Konversi lahan pertanian sekarang makin meresahkan, banyak lahan-lahan persawahan sudah ditumbuhi bangunan-bangunan beton,” kata Yusliadi, kordinator aksi.

Dia mencontohkan Pidie Jaya, salah satu daerah di Aceh yang luas lahan pertaniannya tapi sekarang banyak berubah fungsi. “Pemerintah jangan diam,” sebutnya.

Pemerintah juga diminta menetapkan harga pokok penjualan atau HPP gabah secara regional di tiap provinsi untuk menjamin harga produk pertanian. HPP berlaku secara nasional sekarang dinilai tak ampuh bagi kesejahteraan petani karena kondisi petani di tiap daerah berbeda.

Aceh, kata Yusliadi, selalu surplus beras dan berkontribusi besar terhadap pemenuhan pangan nasional dan sektor ini menyumbang 34 persen PDRB.

Almapi juga meminta pemerintah menghentikan impor beras, jika tidak Perum Bulog dibubarkan saja karena tidak memberi keuntungan bagi petani. “Pemerintah harus serius meningkatkan produksi pertanian, bukan mengimpor beras untuk memenuhi ketahanan pangan,” katanya.

Masalah urgen petani dan jadi tanggung jawab pemerintah, menurut Yusliadi, adalah gagal panen, serangan hama, juga kekeringan. Selain itu, pemerintah diminta menjamin kesejahteraan petani dan serius membangun sektor pertanian.

Dalam aksi sekitar sejam sejak pukul 09.30 WIB itu mahasiwa mengusung sejumlah poster dan spanduk berisi pesan adanya keadilan bagi petani. Dengan mengenakan kaos hitam dan tudung, mereka membagikan selebaran serta batang padi kepada pengguna jalan.

Categories: Zona Berita

Tagged as: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s