Zona Politik

Muridan : “Kongres Rakyat Papua III Bukan Solusi”

Jakarta-Zona Damai : Pengamat Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Muridan S Widjojo menilai Kongres rakyat Papua (KRP) III yang rencananya digelar Oktober mendatang bukan solusi untuk memecahkan gejolak rakyat Papua.

Kongres tersebut hanyalah acara tahunan untuk mengulang lagi tuntutan kongres sebelumnya yakni meminta kedaulatan Papua. Kongres yang akan dilakukan itu paling meminta tuntutan sepihak, yaitu kedaulatan.

“Beberapa orang yang buat kongres, saya kenal. Hampir tidak ada resource yang memungkinkan untuk buat kongres. Siapa yang menghimpun mereka semua? Pemerintah tentu tidak akan mau. Dananya dari mana? Saya kira kongres itu hanya mengulang kongres kedua yaitu minta kedaulatan Papua,”.

Mengatasi gejolak Papua Merdeka, jelas Muridan, tidak bisa hanya dengan menyelenggarakan kongres. Tetapi perlu dialog yang memakan waktu dan melewati berbagai tahap. Dialog membutuhkan figur yang representatif.

Saat ini, Papua tidak punya tokoh representatif yang memudahkan dialog antara Papua dan Pemerintah Pusat. “Kalau Aceh, butuh empat tahun untuk bisa dialog dan punya tokoh seperti Hasan Tiro. Orang Papua belum punya figur,” terangnya.

[ Media Indonesia.com ]

2 replies »

  1. Pak Widjojo, sudah ada figur Papua jang dikenal baik dari Pemerintah Pusat RI di Jakarta. Tetapi Kabinet Presiden Indonesia jang masih segaja mendiamkan. Dan disamping itu pihak2 berwenang di Papua ikut bermain tjurang menginflutkan massa untuk terjebak dengan issue merdeka. Lihat bagaimana tanggung-djawab gubernur profinsi setempat, mengizinkan operasi matoa melalui pihak kepolisian dan kemeliteran untuk mengandangi rakjat Papua di Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s