Zona Wisata

Visit Kilometer Nol Sabang

Kota Sabang yang terletak di Pulau Weh, Nanggroe Aceh Darussalam, memiliki banyak potensi wisata. Selain wisata laut, Sabang yang berada di ujung barat Indonesia itu memiliki obyek wisata  andalan lain, yakni Tugu Kilometer Nol. Sebenarnya Pulau Weh bukanlah pulau terluar atau terbarat dari indonesia , tetapi ada satu pulau kecil lagi yang dinamakan Pulau Rondo, tetapi mungkin dikarenakan pulau itu tidak berpenghuni, maka masyarakat indonesia lebih mengenal Pulau Weh sebagai peulau terbarat indonesia. Bahkan ada juga yang hanya mengenal kota Sabang tetapi tidak mengenal kota tersebut berada di pulau apa..

Kota Sabang adalah sebuah  kotamadya yang terletak di Provinsi Aceh. Tepatnya di ujung pulau Sumatrea . Kota sabang juga merupakan wilayah paling barat dari wilayah Republik Indonesia, dengan  dua kecamatan yaitu Sukakarya dan Sukajaya, serta di kelilingi oleh 4 pulau kecil lainnya yaitu pulau klah, pulau Rubiah, pulau Seulako serta pulau Rondo yang merupakan pulau terluar/pulau terdepan yang berbatasan langsung dengan negara India dan negara Thailand. Di pulau Weh-Sabang inilah terletak Tugu Kilometer Nol yang menandakan pengukuran titik Nol Kilometer Indonesia dari Sabang hingga Merauke.

Tugu ini di resmikan oleh Wakil Presiden RI Try Sutrisno di Banda Aceh pada tanggal 9 September 1997, saat itu Wapres Try Sutrisno tidak berani datang langsung ke Sabang serta pergi ke Kilometer Nol.Dalam rangka peresmian Tugu Kilometer Nol ini juga di adakan Jambore Iptek di pantai Gapang, turut hadir Menristek Prof.Dr.Ing.B.J.Habibie serta Gubernur DISTA (saat itu: Daerah Istimewa Aceh) Prof.Dr.Syamsuddin Mahmud.

Kilometer Nol Sabang Aceh letaknya di ujung pulau Weh yaitu di desa Ujung Ba’u atau 29 Kilometer dari kota Sabang, dengan akses terdekat yaitu melalui daerah pariwisata Iboih dan pantai Gapang, di kedua tempat ini ada tempat penginapan serta operator daerah wisata Sabang.

Sekarang jumlah pengunjung yang telah sampai ke Tugu Kilometer Nol baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri sudah mencapai angka 24.000 orang, jumlah ini sudah menyamai jumlah penduduk kota Sabang kurang lebih 24.000 orang.

Hal tersebut dapat di lihat dari orang yang telah mengambil sertifikat pada jam kerja tetapi banyak juga orang yang tidak mengambil sertifikat karena tidak melapor ke kantor Dinas Pariwisata Kota Sabang tanda bahwa sudah berkunjung ke Kilometer Nol ini.Mari rekan-rekan semuanya dari seluruh dunia untuk berkunjung ke Tugu Kilometer Nol Sabang Aceh Indonesia.

(Dari berbagai sumber/ Red.)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s