Zona Wisata

Memanggil Ikan ala Manokwari

Kompas.com : Lukas Barayap (50), warga Manokwari, Papua Barat, memanggil ikan di laut dengan meniup peluit. Lengkingan peluit itu menarik ratusan ikan berdatangan ke bibir pantai. Ia lalu

memberi makan ikan dengan rayap dan rumah semut. Dengan cekatan tangan Lukas menaburkan rayap yang sudah dia bawa dari rumah ke tengah kerumunan ikan yang berenang di tengah ombak yang datang bergulung-gulung.

Berbagai macam ikan seperti baronang, kapas, kakatua, bobara, dan ikan hias saling berlomba memakan rayap yang ditaburkan sang pawang. ”Jika airnya sedang jernih, ikan-ikan akan terlihat jelas warna dan bentuknya,” kata Lukas.

Ditemani sang istri, Martaap (45), pria asal Merauke itu telah menjalani kebiasaan pemanggilan ikan selama 16 tahun lebih. Awalnya kebiasaan tersebut dianggap aneh oleh para tetangganya, tetapi ia tidak menggubrisnya.

Cara memanggil ikan ala Lukas Barayap itu menjadi daya tarik wisata Pantai Bakaro, di Distrik Manokwari Timur, Kabupaten Manokwari. Pantai itu memiliki panorama alam yang menawan.

Categories: Zona Wisata

Tagged as: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s