Zona Berita

Korban Rumah Terbakar Dapat Bantuan

KOMPAS.com : Warga miskin yang rumahnya terbakar dalam bentrokan di Ambon beberapa waktu lalu bisa mendapat bantuan dari Kementerian Sosial. Besar bantuan Rp 10 juta per rumah.

Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri mengatakan, bantuan Rp 10 juta itu untuk dibelikan bahan bangunan. Proses pembangunan rumah dilakukan bergotong-royong oleh masyarakat. Dari proses gotong-royong ini juga diharapkan muncul kesetiakawanan sosial.

:Jika ada rumah warga miskin terbakar di Ambon, Kementerian Sosial punya program bantuan masing-masing rumah Rp 10 juta. Bantuan itu dibelikan bahan bangunan. Nanti dibangun gotong-royong oleh masyarakat. Kalau ada tambahan bantuan dari APBD Ambon atau dunia usaha, lebih baik lagi,” kata Salim Segaf seusai mengunjungi kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Solo, Jumat (16/9/2011).

Salim mengatakan, berapapun rumah yang terbakar jika memang memenuhi syarat dari kementeriannya akan dibantu. Ia mencontohkan, kasus terbakarnya 300 rumah di Badui. “Kalau ada 100 atau 200 rumah yang terbakar di Ambon, pemerintah pasti tidak akan tinggal diam. Seperti di Badui, kami baru saja meresmikan 300 rumah yang kebakaran dan diperbaiki dengan bantuan masing-masing Rp 10 juta tadi,” kata Salim.

Lebih lanjut. menurutnya, untuk mengantisipasi agar tidak terjadi bencana sosial, pihaknya menggiatkan program Keserasian Sosial yang dijalankan oleh Pelopor Perdamaian yang diambilkan dari masyarakat setempat.

Kegiatan yang dilakukan melibatkan pihak-pihak yang bertikai. ” Misalnya, dua kampung terlibat keributan. Kami berikan anggaran untuk kumpul bersama membuat program. Contohnya untuk membantu warga yang kesusahan. Karena bersama-sama terus lama-lama muncul kecintaan satu dengan yang lain,” kata Salim.

1 reply »

  1. Perbaikan rumah bagi korban kerusuhan adalah wujud kecintaan Pemerintah terhadap rakyatnya yg sedang di timpa musibah kerusuhan yg diakibatkan oleh provokator…semoga kedepannya Maluku harus tetap damai dan jangan mudah terpancing oleh isu2 yang tidak bertanggung jawab.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s