Zona Berita

Pemungutan Suara Digelar Pertengahan Desember

Harian Aceh : Komisioner KIP Aceh Yarwin Adi Dharma mengatakan pihaknya saat ini sudah sepakat untuk menjadwalkan hari pemungutan suara atau hari ‘H’ pada Desember 2011. “Tapi, soal pemilihan tanggal, ini masih tentatif. Masih akan kami rapatkan lagi,”  kata Yarwin Adi Dharma pada wartawan, di ruang kerjanya, Rabu (14/9).

Menurut Yarwin, penetapan Desember sebagai waktu pelaksanaan hari ‘H’ diambil melalui rapat kerja KIP seluruh Aceh. Setelah mendengar masukan dari seluruh KIP kabupaten/kota, lanjut dia, pemilihan tanggal yang paling ideal adalah di antara pertengahan Desember atau sebelum memasuki perayaan hari besar umat kristen, yakni Natal dan Tahun Baru.

Peraturan perundang-undang, kata dia, memang memungkinkan pelaksanaan hari ‘H’ dilakukan pada 8 Januari 2012 atau 30 hari sebelum berakhirnya jabatan masa pimpinan daerah, 8 Februari 2012. Tapi, bila ini dilakukan maka pelaksanaan tahapan, yakni masa kampanye pasangan calon akan berbenturan dengan hari natal dan tahun baru.

Seperti diketahui, lanjutnya, masa kampanye adalah sepanjang 17 hari sebelum hari ‘H’. “Karena itu, agar tidak mengganggu azas ketertiban umum, maka idealnya Desember, karena bila dihitung mundur selama 17 hari, tak ada berbenturan dengan hari-hari besar lainnya,” katanya.

Menurut Yarwin, setelah nanti didapat tanggal pelaksanaan hari ‘H’, maka KIP menghitung mundur untuk menetapkan kapan pendaftaran calon akan dibuka. Soal waktu pelaksanaan masa pencalonan, kata Yarwin, memakan waktu sedikitnya satu bulan lebih, mulai dari pendaftaran hingga penetapan nomor urut pasangan calon. “Bila hari ‘H’ nanti disepakati pada pertengahan Desember, maka pembukaan pendaftaran pencalonan memungkinkan diawal Oktober 2011,” katanya.

Yarwin menyatakan KIP juga sedang mencari waktu yang tepat untuk proses administrasi pengadaan logistik. “Pembentukan panitia, pengumuman pendaftaran peserta tender bisa dilakukan berbarengan tahapan pencalonan, tapi proses pengadaannya itu wajib menunggu hasil penetapan nomor urut,” katanya.

Menurut Yarwin, soal penetapan jadwal pengadaan logistik ini sedikit lebih rumit, karena ada aturan yang harus dipatuhi, yakni Perpres Nomor 54 Tahun 2010. “Proses masa tender hingga ada pemenang ini masanya hanya lebih kurang dua bulan. Karena itu, antara September hingga pertengahan Desember, ini harus sudah terorganisir dengan baik,” katanya.

Kecuali itu, kata Yawin, setelah nanti didapat keputusan tanggal hari ‘H’, KIP masih akan mengomunikasikannya ke berbagai pihak. “Jadi, sebelum menjadi keputusan KIP secara resmi, kami konsultasikan lagi dengan berbagai pihak, terutama pada Depdagri,”  kata Yarwin. “Ini karena Depdagrilah yang meminta pada KIP untuk menunda tahapan untuk colling down.”

KIP juga akan melaporkan pada KPU selaku penanggung jawab Pemilukada secara nasional. Kemudian, di daerah, KIP juga akan mengomunikasikan ini dengan Gubernur Aceh dan DPRA. Hal ini dianggap penting untuk mendapat masukan lebih lanjut sehingga nantinya keputusan penetapan hari ‘H’ tersebut disepakati semua pihak. “Kami juga tidak mau malu sampai dua-tiga kali. Dulu sempat ditetapkan hari ‘H’ pada Oktober 2011, lalu diundur November 2011, lalu diundur lagi Desember, eh tahu-tahu nantinya diundur lagi Januari 2012. Karena itu, sebelum menjadi keputusan KIP, maka perlu berkoordinasi,”  jelasnya.

Sementara itu, bila memang nantinya ada pihak yang tidak sepakat soal penetapan hari ‘H’, KIP akan kembali ke Pasal 66 Ayat 1 UUPA yang berbunyi: tahapan dan jadwal pemilihan gubernur/wakil gubernur, bupati/wakil bupati, dan walikota/wakil walikota ditetapkan oleh KIP.

Amatan Harian Aceh, sejauh ini KIP intens membahas agenda lanjutan tahapan Pemilukada dini. Sepanjang hari kemarin, ada tiga rapat kerja yang dijalankan KIP; raker teknis pencalonan, raker logistik, dan raker tahapan.(dad)

Categories: Zona Berita

Tagged as: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s