Zona Berita

Konflik di Papua Dilatarbelakangi Politik

Bintang PapuaAdvokat Manokwari, Yan Christian Warinussy, SH, mengatakan, jalan menuju berlangsungnya dialog Papua-Indonesia menjadi makin terang dalam beberapa waktu terakhir ini, ekskalasi kekerasan yang terus terjadi di beberapa daerah di Tanah Papua, seperti di Jayapura, Biak, Nabire maupun Manokwari serta kawasan pegunungan Tengah, tidak akan menyurutkan niat orang asli Papua yang sudah dicetuskan dalam Deklarasi Papua Tanah Damai dalam Konperensi Perdamaian di tanah Papua [KPP] yang diselenggarakan oleh Jaringan Damaia Papua [Papua Peace Network] pada 5-6 Juli 2011 lalu di Auditorium Universitas Cenderawasih [UNCEN] Abepura-Jayapura.

“Dari catatan pendalaman masalah-masalah konflik yang terjadi di Tanah Papua dahulu hingga dewasa ini, saya sebagai salah satu pekerja HAM di Tanah Papua sudah dapat memahami ciri khas dan latarbelakang serta faktor penyebab terjadinya berbagai konflik kekerasan di tanah Papua, bahkan sebenarnya kami sudah mengetahui siapa-siapa sebenarnya yang merancang dan memiliki kepentingan politik dari adanya berbagai konflik tersebut. Kami juga sudah mengetahui sebab-sebab dari terjadinya konflik tersebut yang bisa mengantarkan kita kepada pemahaman tentang motif fi balik kejadian-kejadian aneh tersebut, dan bahkan bisa menarik satu catatan tentang siapa yang berada di balik setiap kejadian kekerasan yang berbau kriminal terebut,” ujarnya.

Hal ini lebih diperkuat lagi dengan catatan kritis bahwa institusi kepolisian yang ada di Tanah Papua [Polda Papua] beserta jajaran Polres-nya di seluruh tanah papua seringkali dan berulangkali tidak mampu mengungkapkan siapa dalang atau otak dibalik semua kasus-kasus kekerasan bersenjata tersebut?? Di tambah lagi terkesan polisi kita di daerah ini susah sekali mendapatkan barang bukti yang bisa menjadi petunjuk penting dalam mengungkapkan sebab dan siapa pelaku dari setiap kasus tersebut.
Bahkan ada kecenderungan setiap kasus yang terjadi seperti tanpa bekas sama sekali dari petunjuk tentang sebab dan pelakunya siapa? Ini mengindikasikan bahwa pelaku-pelaku kejahatan tersebut adalah oknum-oknum dari satua-satuan tugas khusus yang terlatih secara masif dan mereka profesional dan suadh dilatih untuk bisa membunuh atau dibunuh dan tidak boleh meninggalkan jejak sama sekali untuk menyulitkan kepolisian ketika akan melakukan investigasi kriminal. Tujuan pihak ini adalah membuat suatu tindakan kriminal yang menyebabkan rakyat Papua menjadi takut dan tidak bisa berkereasi termasuk bebas berekspresi ataupun berpendapat secara bebas.

Selain itu, tujuan mereka dalah menimbulkan kesan bagi pemerintah pusat dan daerah serta pihak internasional bahwa Papua selalu tidak aman karena ada TPN/OPM, padahal secara jelas kita tidak pernah mendengar adanya pernyataan sikap resmi dari TPN/OPM tentang siapakah yang bertanggung-jawab sebenarnya di balik kejadian-kejadian tersebut. Ini jelas-jelas bertujuan menggagalkan ide dan keinginan lubhur orang asli Papua untuk ber-dialog dengan pemerintah Indonesia dalam waktu dekat ini.

Hubungan sebab-akibat diantara para pemangku kepentingan di Tanah Papua sejak dahulu hingga dewasa ini dengan berbagai strategi dan aksi yang terjadi dalam konteks penyelenggaraan pembangunan dan pemerintahan serta kemasyarakatan di Tanah Papua baik di wilayah Propinsi Papua ataupun Papua Barat sudah diketahui sangat membawa pengaruh dalam pola hubungan diantara para pemnangku kepentingan tersebut. Hal ini menjadi sesuatu yang ke depan harus dibahas dan dibicarakan secara terbuka diantara para pemangku kepentingan tersebut, termasuk orang asli Papua, agar dapat dicari solusi penanganannya secara damai, sehingga cita-cita Papua Tanah Damai dapat segera terwujud

Categories: Zona Berita

Tagged as: , , ,

1 reply »

  1. Yang betul konflik Papua dilatarbelakangi oleh tingkat Korupsi di Papua yg sangat tinggi dan menjadikan pembangunan di Papua tidak berjalan serta kehidupan masyarakat Papua tidak sejahtera…ditambah lagi adanya campur tangan pihak asing yg menginginkan sumber daya alam Papua dgn memakai tangan2 OPM/TPN utk menghambat pembangunan…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s