Zona Politik

Konflik Ambon, Skenario Gagalkan Pertemuan Pemuda Dunia

Konflik Ambon, Skenario Gagalkan Pertemuan Pemuda Dunia

Oleh : Nour Payapo

Kompassiana: Hanya kesalahpahaman, berbuntut bentrokan pada 11 September di Tugu Trikora Ambon, di-blow up media, maka terbentuklah opini bahwa Ambon tidak aman, Ambon rusuh lagi, memang tujuannya sekedar membentuk opini internasional,  opini itu guna menggagalkan Pertemuan Pemuda Dunia. Sebab Maluku khususnya Kota Ambon, akan dikunjungi perwakilan pemuda dari 125 negara.

Ambon tetap aman, dan buktinya sekarang, dua komunitas di Kota Ambon sudah saling sapa, saling menelepon, membuat janji untuk bertemu, bahkan rutinitas pasar telah berjalan melibatkan dua komunitas. Mobil dan kendaraan roda dua sejak kemarin telah melewati jalur jalan antar komunitas. Hanya dalam waktu sehari Ambon telah pulih kembali. Semuanya menyadari, mereka hanya dipermainkan pihak yang tidak bertanggungjawab.

Pemuda-pemudi telah saling mengunjungi. Mereka sadar benar, spontanitas yang terjadi kemarin murni ulah provokator yang ingin menghancurkan Maluku. Ada tekad pemuda Maluku untuk menjaga dengan baik persaudaraan dan perdamaian. Damai adalah segalanya. Maka dalam rangka mengokohkan perdamaian itu, telah diagendakan jauh-jauh hari, Pertemuan Pemuda Dunia (World Assembly of Youth) digelar di Ambon pada 30 September-2 Oktober 2011, namun sayangnya ada yang tidak senang dengan upaya meneguhkan Ambon sebagai situs perdamaian dunia ke-34. Maka provokasi berbuntut bentrokan hingga menelan korban jiwapun terjadi. Skenario untuk menggagalkan agenda besar itu dijalankan.

Meski dihalangi berbagai rintangan yang mempertaruhkan darah sekalipun, keinginan pemuda Maluku untuk tetap menyelenggarakan pertemuan pemuda dunia untuk perdamaian semakin gigih. Komitmen meneguhkan Ambon Maluku sebagai miniatur perdamaian dunia, adalah cita-cita besar hingga semuanya berharap, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberi support kepada Pemuda Maluku dan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) untuk mensukseskan Pertemuan Pemuda Dunia yang digagas World Assembly of Youth (WAY).

Dua hari sebelum bentrokan di Tugu Trikora terjadi, undangan kepada kepala negara bersama wakil presiden dan para menteri koordinator dilayangkan. Persiapan menjelang mines 21 hari menuju penyelenggaraan semakin menguatkan suksesnya pertemuan pemuda dunia di Ambon. Harapan besar itu sengaja dikotori ulah sejumlah oknum yang tidak menginginkan damai di Maluku. Atau disinyalir ada kepentingan lain yang memboncengi sehingga pertemuan pemuda dunia gagal diselenggarakan setelah terbentuknya opini internasional, bahwa Ambon rusuh lagi.

Pertemuan Pemuda Dunia di Ambon, rencananya dihadiri perwakilan pemuda dari 125 negara, merupakan komitmen pemuda Maluku untuk menciptakan perdamaian total, karena selama ini Ambon dan Maluku adalah wilayah damai. Meskipun ada beragam komunitas, budaya, suku, agama dan ribuan perbedaan lainnya, namun komitmen perdamaian setelah 10 tahun dari 1999 saat kerusuhan berdarah, adalah pelajaran berharga bagi semua masyarakat Ambon khususnya dan Maluku. Konflik, di sanubari masyarakat Maluku, sangat tidak menguntungkan malah sebaliknya. Semua menyadari sungguh itu.

Berikut pemberitaan terkait Pertemuan Pemuda Dunia untuk perdamaian, dirangkum dari facebook milik Ketua DPD KNPI Maluku, Zahruddin Daud Latuconsina. rangkuman pemberitaan tersebut menunjukkan kesiapan Kota Ambon untuk menjemput tamu-tamu internasional.

1. Presiden diundang buka pertemuan pemuda dunia (Bisnis Indonesia, 8 September 2011 http://www.bisnis-kti.com/index.php/2011/09/presiden-diundang-buka-pertemuan-pemuda-dunia/

2. Duta Perdamaian Apresiasi Pertemuan Pemuda di Ambon (Antara, 9 Agustus 2011) http://ambon.antaranews.com/berita/16252/duta-perdamaian-apresiasi-pertemuan-pemuda-di-ambon

3. Pangdam XVI Siap Sukseskan Pertemuan Pemuda Dunia (Antara, 3 Agustus 2011) http://id.berita.yahoo.com/pangdam-xvi-siap-sukseskan-pertemuan-pemuda-dunia-070612628.html

4. Deklarasi Ambon Suarakan Perdamaian Dunia (Kompas, 28 Juli 2011)http://nasional.kompas.com/read/2011/07/28/22351912/DeklarasiAmbon.Suarakan.Perdamaian.Dunia

5. Ketua KNPI Maluku Hadiri Pertemuan di Darwin (id.berita.yahoo.com, 21 Juli 2011) http://id.berita.yahoo.com/ketua-knpi-maluku-hadiri-pertemuan-di-darwin-064216981.html

Rangkuman pemberitaan di atas, setelah dikorelasikan dengan kronologis bentrokan, sumber bentrokan, dan upaya penyelesaian yang demikian cepat, mengindikasikan skenario terkendali. Usaha menggagalkan Pertemuan Pemuda Dunia, kegiatan yang melibatkan Pemerintah Provinsi Maluku dan DPD KNPI Maluku sebagai panitia lokal, DPP KNPI serta WAY sebagai panitia nasional, memang sangat mengganggu beragam kepentingan di Maluku, terutama kepentingan kekuasaan ke depan di Provinsi Maluku.

Kami berharap, aparat keamanan dapat mengusut ini sampai tuntas, dengan menemukan aktor intelektual, serta kesigapan intelijen dan TNI/Polri mengawal dan mensukseskan Pertemuan Pemuda Dunia di Ambon, 30 September hingga 2 Oktober 2011 di Ambon.

2 replies »

  1. Warga masyarakat Ambon, Maluku sudah belajar baik dari pengalaman masa lampau. Persatuan diantara mereka lebih penting ketimbang terhasut oleh ulah oknum tidak bertanggungjawab yang menginginkan perpecahan di kota Ambon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s