Zona Berita

PB-HAM Minta Polda Aceh Razia Senjata Api Ilegal

Atjeh Post.com: LHOKSEUMAWE- Pos Bantuan Hukum dan Hak Asasi Manusia (PB-HAM) Aceh Utara meminta Kepolisian Daerah Aceh merazia senjata api ilegal.

“Razia senjata api merupakan langkah segera dan penting, minimal sampai Pilkada Aceh selesai,” ujar Direktur Eksekutif PB HAM Aceh Utara Zulfikar Muhammad dalam siaran pers yang diterima The Atjeh Post, Rabu (07/09).

Dari analisa PB-HAM, masa paling rawan terjadi kekerasan bersenjata api pada hari-hari sebelum pilkada. Jika pilkada ditunda, kata Zulfikar, masa itu akan dimanfaatkan kelompok kriminal bersenjata api untuk meneror sebagai upaya menekan psikologi masyarakat.

Walau menganjurkan, PB HAM juga mengingatkan polisi memperhatikan prinsip hak asasi manusia kala merazia.

“Juga menyediakan mekanisme komplain masyarakat jika terjadi perlakuan tidak baik dari oknum aparat keamanan terhadap masyarakat sipil tak bersalah. Razia ini hanya bertujuan mengurangi pergerakan kelompok bersenjata api,” ujar Zulfikar.

Dia yakin masyarakat tidak mendukung cara-cara kekerasan. “Sebab rasa sakit akibat konflik sampai saat ini belum dapat disembuhkan. Maka kita tidak perlu terjebak pada upaya menambah luka dalam bentuk perang saudara hanya karena perebutan kekuasaan di tingkat elit,” kata Zulfikar Muhammad.

Menurut Zulfikar, perdamaian adalah syarat mutlak pembangunan Aceh. Itu sebabnya, PB-HAM mengimbau semua pemilik senjata api ilegal segera menyerahkannya kepada polisi.

Categories: Zona Berita

Tagged as: , ,

3 replies »

  1. Harus ada terobosan besar dari Kapolda Aceh untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat. Kalau pola yang selama ini dipakai terkesan belum mempan, maka harus ganti pola yang lebih efektif. Tujuannya agar kedamaian di aceh yang sdh tercipta selama lima tahun ini, jangan sampai hancur berantakan karena kita tidak kreatif mencari terobosan baru.

  2. Diharapkan kesadaran dari masyarakat luas guna mendukung terciptanya Aceh menjadi damai tanpa harus ada senjata ilegal yang beredar, ini merupakan PR untuk aparat keamanan untuk meningkatkan pendekatan dengan rakyat serta sweeping untuk meminimalisir peredaran senjata api tersebut.

  3. Polda Aceh seriuslah memberantas senjata api ilegal di Aceh ini demi kedamaian di Aceh, karena pelaku kriminal di Aceh saat ini sering menggunakan senjata api, apakah Polda takut dgn eks kombatan aceh yg masih memegang senjata api????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s