Zona Hukum

LSM Asing Harus di Audit dan Diawasi

oleh : Mashudi

Central Demokrasi.com: Pada 7 september 2011, di Jakarta, menanggapi masuknya aliran dana asing dari Greenpeace Asia Tenggara ke Greenpeace cabang Indonesia sebesar Rp1.768.272.195, dalam kurun waktu 2010, Ekonom senior Dradjad H Wibowo mendesak Kementerian Dalam Negeri dan Dirjen Pajak agar segera memeriksa laporan keuangan semua LSM yang beroperasi di Indonesia termasuk LSM asing Greenpeace. Apabila ditemukan kejanggalan, pemerintah berhak membekukan LSM.

Kemendagri dan Dirjen Pajak harus segera turun tangan. Sebab semua LSM, lokal maupun asing harus tunduk pada aturan Indonesia. Penelusuran dana tersebut perlu dilakukan untuk mengetahui apakah LSM itu benar-benar bebas pajak. Sesuai PP 45 tahun 2000 tentang Pajak Penghasilan dimana ada lembaga internasional yang memang bebas pajak badan seperti PBB dan JICA. Tapi Greenpeace tidak termasuk dalam PP itu. LSM lokal maupun asing harus melaporkan kegiatan mereka kepada Kementerian Dalam Negeri dan Ditjen Pajak sebab mereka ada UU Ormas dan UU Pajak yang mesti ditaati.

Sebelumnya, Juru Bicara Kemendagri Reydonnyzar Moenek menegaskan, pemerintah berhak dan wajib mengetahui setiap sumber dana seluruh LSM, khususnya LSM asing seperti Greenpeace. Dalam UU No 8 Tahun 1985 tentang Ormas, itu jelas diatur semua. Di situ disebutkan, setiap LSM termasuk LSM asing wajib melaporkan sumber harta dan kekayaannya kepada pemerintah.

Saya sangat setuju kalau semua LSM, baik lokal maupun asing yang beroperasi di Indonesia di audit, agar lebih transparan, dan mentaati aturan yang berlaku. Hal ini mengingat ada dugaan bahwa LSM didanai pihak asing untuk menghancurkan Indonesia dari berbagai aspek dan lini, dengan tujuan untuk menghambat kemajuan Indonesia.

Menghimbau pemerintah dan pihak terkait untuk mengaudit dan mengawasi kegiatan LSM asing di Indonesia, agar tidak disalahgunakan untuk kepentingan asing. Dikawatirkan banyak LSM yang beroperasi di Indonsia hanya kedok pihak asing untuk menghancurkan Indonesia dari dalam, dengan isu HAM, demokratisasi, keterbukaan dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s