Zona Berita

Kemendagri Pastikan Pemilu Kada Aceh tidak Ditunda

Media Indonesia.com : Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Djohermansyah Djohan menegaskan Pemilu Kada Aceh tidak akan ditunda. Untuk itu, DPR Aceh diminta membahas ulang rancangan qanun (perda) pemilu kada yang baru.

Paling lambat, pada 19 September, qanun pemilu kada sudah rampung.

“Jika tidak selesai, qanun lama, yaitu Qanun No 7 Tahun 2006 yang akan digunakan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh sebagai rujukan dalam pelaksanaan Pemilu Kada Aceh,” Kata Djohermansyah, Rabu (7/9), di Banda Aceh.

Secara tegas, Djohermansyah Djohan mengakui sampai saat ini pihak Kemendagri belum melihat ada yang pantas menjadi alasan untuk menunda Pemilu Kada Aceh.

“Dari dulu pun kami selalu tegaskan tidak ada penundaan Pemilu Kada Aceh, yang ada hanya reschedule atau penjadwalan ulang,” katanya.

Dalam pandangan Dirjen Otsus, penjadwalan ulang bukanlah penundaan, melainkan hanya pergeseran waktu.

Tapi, pergeseran itu masih dalam jadwal yang sesuai dengan UU, sehingga sirkulasi pergantian kepala daerah selama lima tahunan tetap berjalan normal.

“Jadi kalau ada isu bahwa Mendagri sudah menyiapkan pelaksana tugas gubernur sebagai antisipasi penundaan pemilu kada, itu sama sekali tidak benar. Yang jelas, Pemilu Kada Aceh tetap sesuai dengan jadwal,” katanya.

Sehubungan itu, Djohermansyah berharap pemerintah Aceh, KIP Aceh, dan DPR Aceh bisa menyatukan sikap untuk pelaksanaan pemilu kada ini, termasuk dalam pembentukan qanun baru yang nantinya digunakan sebagai rujukan bagi KIP Aceh.

Begitu Qanun Pemilu Kada disahkan, kata Djohermansyah, per 20 September KIP Aceh kembali bisa melaksanakan tahapan pemilu kada seperti yang telah ditetapkan sebelumnya.

Djohermansyah optimistis Gubernur Aceh yang baru sudah dilantik pada 8 Februari.

“Jadwal itu akan terkejar, dengan catatan dilakukan penjadwalan kembali pemilu kada, yang tadinya 14 November, kami geser sedikit,” lanjutnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s