Zona Politik

Quo Vadis Pilkada Aceh

Sarjito Ir

Pemilihan gubernur-wakil gubernur, Bupati/walikota di seluruh wilayah Aceh tinggal menghitung hari. Namun perseteruan masih terus terjadi antara sesama peserta pemilukada di wilayah itu, yakni antara Koalisi 17 Parpol versus 80 pasangan bakal calon (balon) dari jalur independen.

Koalisi 17 Parpol telah melayangkan surat kepada Presiden SBY, menuntut agar Pemilukada yang sedianya akan digelar tgl 14 November 2011 itu ditunda. Jika tidak, mereka mengancam akan memboikot pesta demokrasi tersebut dengan tidak mendaftarkan balon dari jalur parpol.

Sementara 80 pasangan balon dari jalur independen meminta agar jadwal Pemilukada di Aceh tidak ditunda karena kondisi faktual di wilayah itu tidak memenuhi syarat yang diatur oleh Undang-undang guna menunda Pemilukada.

Di sisi lain, KIP (Komisi Independen Pemilu) Aceh selaku penyelenggara Pemilukada di Tanah Rencong itu bahkan sudah mulai melaksanakan pentahapan Pemilukada, yakni melakukan ferivikasi faktual terhadap balon kepala daerah dari jalur independen. KIP berprinsip, jika pihaknya tidak dapat menghasilkan kepala daerah terpilih sebelum masa jabatan berakhir, maka lembaga maupun komisionernya akan dianggap lalai dan tidak cakap sebagai penyelenggara pemilihan umum. Rupanya KIP Aceh tidak main-main.

Lantas, bagaimanakan nasib balon dari Parpol? Apakah mereka tetap akan mengikuti kebijakan partainya untuk tidak mendaftar (boikot) atau akan mengikuti jadwal pendaftaran yang ditetapkan KIP mulai 5 Agustus 2011?

Kita tunggu saja apa yang akan terjadi….dengan harapan, akan ada jalan keluar yang elegan demi kemajuan demokrasi Aceh yang semakin bermartabat….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s