Partisipasi Kesenian Papua dan Timor Leste dalam Pesta Kesenian Bali

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bersama tim Kesenian Papua yang tampil di Pesta Kesenian Bali (PKB), Sabtu (15/6/2013) sore. (Foto :  Foto: Rumgapres/Abror Rizki)

Denpasar-Zona Damai : Sudah hampir sepekan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-35 digelar. PKB-35 yang dibuka Presiden SBY pada 15 Juni 2013 itu akan berlangsung selama sebulan penuh yang dipusatkan di Taman Budaya Denpasar. Ratusan kelompok kesenian dari dari sejumlah daerah di Indonesia dan luar negeri ikut berpartisipasi. Di antaranya dari Papua dan Timor Leste.

Ajang tahunan tersebut selain pementasan seni dan budaya, juga memamerkan berbagai kerajinan tangan, seni lukis, serta seni patung.

Dalam sambutannya, Presiden SBY menilai tema PKB ke-35 sudah pas dengan dinamika kehidupan masyarakat Bali. Adapun tema pesta budaya tersebut adalah “Taksu: Membangkitkan Daya Seni Kreatif dan Jati Diri.”

Yudhoyono juga mengingatkan betapa pentingnya melestarikan seni dan budaya Nusantara di tengah kehidupan modern yang dinamis. Makin intens interaksi dengan globalisasi, kata dia, justru upaya pelestarian seni dan budaya makin penting. Menurutnya, kemajemukan bangsa dan perbedaan di satu sisi mesti dilihat sebagai rahmat. Namun, di sisi lain perbedaan itu harus dikelola dengan arif agar tidak timbul hal-hal yang merugikan bangsa seperti perpecahan.

Tim kesenian dari Papua berkekuatan 100 duta seni tampil di hari pertama lengkap dengan busana tradisional, gendang tifa, gerakan khas, dan nyanyi bersaut-sautan. Di akhir atraksinya sekitar 70 seniman Papua Barat, membawakan tari Bendera Merah Putih. Ini menggambarkan patriotisme masyarakat Papua sebagai bagian dari NKRI.

Kesenian-Timor-Leste-di-PKBTim kesenian Timor Leste. (Foto: Rumgapres/Abror Rizki)

sementara dari Timor Leste menampilkan tarian dengan baju tradisionalnya. Ini adalahh penampilan perdana mereka di ajang PKB.[***]

Dirangkum dari berbagai sumber

 

 

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s