Jadwal Seleksi Program Afirmasi Dikti Bagi Putra-Putri Asli Papua 2013

Zona Damai: Pemerintah menyediakan 600 paket beasiswa Program Afirmasi Dikti bagi Putra Putri Asli Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat (ADik-Papua) 2013 pada Fakultas Kedokteran, Kesmas, Farmasi, Teknik, Pertanian, Akuntansi, Ilmu Pendidikan dan Statistika di 39 PTN ternama di luar Papua dan Papua Barat.

Selengkapnya baca : Pedoman Pelaksanaan Program Afirmasi Dikti Bagi Putra-Putri Asli Papua 2013. Silahkan klik : http://www.up4b.go.id/index.php/prioritas-p4b/3-affirmative-action/item/396-pedoman-pelaksanaan-program-afirmasi-dikti-bagi-putra-putri-asli-papua-2013

5. Jadwal Seleksi 

a. Pendaftaran di Sekolah atau Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat  dan pengumpulan berkas; 6 Mei s.d 17 Mei 2013

b. Batas waktu pengumpulan formulir (F-10) di UNCEN, UNIPA dan MUSAMUS 22 Mei 2013

c. Seleksi berkas calon mahasiswa di Universitas Cendrawasih 23 s.d 31 Mei 2013

d. Tes TPA dan Tes Bidang Ilmu 3 Juni 2013

e. Pengumuman hasil seleksi 6 Juni 2013

f. Pembekalan  di Papua dan Papua Barat  10 s.d 22 Juni 2013

g. Matrikulasi (akan ditetapkan kemudian dan disesuaikan dengan jadwal registrasi para PTN penerima

h. Pendaftaran dan registrasi di masing-masing PTN (disesuaikan dengan jadwal PTN tujuan)

6.  PTN dan Program Studi Pilihan 

a.  Siswa pelamar dapat memilih 2 (dua) PTN yang diminati dan 1 (satu) PTN yang ditentukan oleh panitia;

b.  Siswa pelamar dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) prodi untuk masing-masing PTN yang diminati;

c.  Urutan pilihan prodi merupakan prioritas pilihan;

7. Biaya Seleksi 

Biaya pendaftaran Program ADik-Papua 2013  dibebankan pada anggaran Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

8. Mekanisme Seleksi 

a. Proses seleksi dilakukan dalam tiga tahap, yaitu:

(1). Tahap pertama, siswa pelamar akan diseleksi dan direkomendasi di Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota Provinsi Papua dan Papua Barat berdasarkan alokasi yang ditetapkan Pemerintah Daerah dan prestasi akademik.

(2)  Tahap kedua, siswa pelamar yang direkomendasikan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat akan diseleksi berdasarkan prestasi akademik dan prestasi lainnya serta mengikuti test TPA dan Test bidang ilmu.

(3)  Apabila siswa pelamar tidak terpilih pada PTN pilihan pertama prodi pilihan pertama, maka akan diikutkan pada seleksi tahap kedua di prodi pilihan kedua dan ke tiga, kemudian di PTN ke dua. Jika tidak lulus pada 2 PTN pilihannya, Panitia akan menentukan di PTN afirmasi

b.  Ketentuan lebih lanjut mengenai mekanisme seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui Program ADik-Papua 2013 diatur dan ditetapkan oleh masing-masing PTN yang dipilih siswa pelamar.

9. Pembiayaan

Biaya penyelenggaraan pendidikan siswa yang lulus melalui Program ADik-Papua 2013  di PTN yang dipilih dibebankan pada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta Pemerintah Daerah Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.

10. Laman Resmi Dan Alamat Panitia

a.  Informasi resmi mengenai Program ADik-Papua 2013 dapat diakses melalui laman resmi http://www.unhas.ac.id/pmb/oap (alamat web sedang dikonfirmasikan saat dipublikasikan)

b.  Alamat Panitia Program ADik-Papua 2013: TISMUH, Gedung Rektorat Unhas lt 7, Jl. Perintis Kemerdekaan Km 10 Makassar 90245. Telp/Fax. (0411) 581499, e-mail: jppbuh(di)yahoo.com.

Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Dirjen Dikti, Kompl. Kemdikbud Gedung D Lantai 7 Jl. Jend. Sudirman Pintu Satu Senayan, Jakarta 10270, Telp; 021 57946073 Fax 021 57946072.

Sumber : Media Center UP4B

About these ads

16 thoughts on “Jadwal Seleksi Program Afirmasi Dikti Bagi Putra-Putri Asli Papua 2013

  1. Inilah fakta yang tidak pernah diungkap oleh Benny Wenda cs di luar negeri. Fakta tentang keberhasilan anak-anak asli Papua dalam dunia pendidikan, dianggap merugikan kampanye kelompok Free West Papua yang dipimpin Benny Wenda. Yang menjadi pertanyaan adalah APAKAH PERJUANGAN FREE WEST PAPUA HARUS DINODAI DENGAN SEJUTA DUSTA ?

  2. melalui ini (program Up4b )papua akan mengalami perubahan yang sangat besar khususnya dalam hal SDM_nya

  3. pemerintah harus tingkatkan program ini kalau mau papua berkembang karena SDM di papua ini kurang karena di faktorkan hal biaya padahal SDA di papua itu begitu melimpah namun tidak ada yang mengolahnya karena kurangnya pengetahuan

  4. kalau bisa itu bapak dorang masukan nama-nama yang telah lulus dalam mengikuti tes PTN nya bilah perlu di buat dari masing-masuk kabupaten agar lebih jelas,khususnya di provinsi papua dan papua barat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s