Mantan Tokoh OPM: Tak Benar 114 Negara Dukung Papua Merdeka

Franz Albert Joku

Jayapura-Zona Damai: Mantan Tokoh Pejuang Pergerakan Organisasi Papua Merdeka (OPM) Franz Albert Joku mengklarifikasi soal isu dukungan dunia pada gerakan OPM. Dia menjelaskan, dukungan untuk Papua merdeka bukan datang dari 114 negara sebagaimana pernyataan dari berbagai pihak, tetapi hanya oleh satu negara, yakni Vanuatu.

Menurutnya, kenyataan tersebut jangan sampai diputarbalikan agar tidak muncul kebingungan maupun keresahan di tengah-tengah masyarakat.

“Dukungan untuk Papua merdeka itu datang bukan dari 114 negara atau PPB. Sekali lagi saya tegaskan hanya negara Vanuatu. Mengapa kita tidak terima fakta ini dan buat eduksi yang terpelajar dalam tempatkan isu Papua supaya masyarakat Papua tidak tertipu dan orang Papua tidak tiap hari bangun pikir Papua merdeka. Tidur pula pikir Papua merdeka,” tegasnya saat memberi keterangan pers, di Jayapura, Kamis (25/10/2012).

Dalam kesempatan tersebut, Frans yang kini telah menyatakan bergabung dengan negara kesatuan Republik Indonesia ini bahkan “menantang” pihak-pihak yang mengumumkan bahwa aspirasi Papua merdeka di dukung sebanyak 114 negara.

“Yang katanya 114 negara dukung Papua merdeka itu negara mana. Tunjukan datanya. Yang saya tahu yang dukung Papua merdeka adalah Vanuatu yang baru tahun 1980 merdeka usai dijajah Inggris dan Perancis. Bahkan sepanjang yang saya tahu sejak 24 Agustus 1828 sejak Gubernur Belanda pertama, telah mengumumkan bahwa Papua bahagian integral dari Hindia Belanda yang sekarang menjadi Indonesia. Jadi kita jangan lihat sejarah itu sepenggal-sepenggal,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Frans yang sebelumnya berdomisili di Papua New Guinea ini meminta agar masyarakat lebih bijak menyikapi hal demikian khususnya para generasi muda. Ia juga meminta kepada pemerintah, masyarakat maupun media massa untuk tidak terlalu membesar-besarkan aspirasi sejumlah LSM kecil luar negeri diantaranya International Parliamentarians for West Papua (IPWP) dan International Lawyers for West Papua (ILWP).

“Saya pikir kita semua terlalu membesar-besarkan masalah ini. Mereka diantaranya yang merupakan IPWP ini kan terdiri dari para anggota parlemen yang sering diminta untuk taruh perhatian tentang isu Papua. Tapi kami di Papua, di Jakarta sampai mahasiswa dan masyarakat anggap dunia sudah bentuk parlemen dan atau badan yang ambil tindakan tentang Papua,” jelasnya.

“Ini yang saya sayangkan karena semua pihak juga kaget soal ini. Sehingga isu ini sering di besar-besarkan. Ini mengancam stabilitas negara,” jelasnya. [detikNews]

About these ads

One thought on “Mantan Tokoh OPM: Tak Benar 114 Negara Dukung Papua Merdeka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s